Kominfo dan Polisi Cari Pembuat Konten Mirip Ka’bah di Fortnite

Telset.id, Jakarta – Kementerian Kominfo merespon adanya bangunan yang mirip Ka’bah di Fortnite. Saat ini Kominfo dan Kepolisian berkoordinasi untuk mencari pembuat konten bangunan mirip Ka’bah di game tersebut.

Melalui rilis yang diterima pada Selasa (6/7/2021/), Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa Kominfo telah mengkaji konten tersebut. Hasilnya bangunan yang mirip Ka’bah memang ada di Fortnite dan videonya telah beredar di YouTube sejak 2019.

“Merespon beredarnya video dalam game daring Fortnite yang memuat ikon yang dinilai mirip Kabah, Kementerian Kominfo telah mengkaji konten yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelusuran, konten tersebut dipublikasikan pada 17 Februari 2019 di kanal YouTube,” kata Johnny.

Baca juga: Oktober Mendatang, Gamer iOS Bisa Main Fortnite Lagi

Hasil penelusuran Kominfo yang juga diperkuat klarifikasi dari pihak Fortnite, elemen yang termuat dalam video tersebut merupakan user generated content (UGC), yang dibuat oleh pengguna dalam bentuk Creativity Mode.

Setelah mendapatkan informasi dari Fortnite, Kominfo juga berkoordinasi dengan polisi untuk mencari siapa pelaku yang membuat konten mirip Ka’bah tersebut di salah satu game battle royale terbaik itu.

“Sebagai tindak lanjut beredarnya konten tersebut, Kementerian Kominfo sedang berkoordinasi kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk menelusuri dan menindak pelaku yang mengkreasi konten tersebut,” tulis Johnny.

“Kementerian Kominfo terus mendalami dan menelusuri konten terkait dan akan melakukan penindakan secara tegas sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku jika ditemukan pelanggaran di ruang digital,” tambahnya.

Bangunan Mirip Ka’bah di Fortnite 

Sebelumnya muncul kabar bahwa ada bangunan yang menyerupai Ka’bah di Fortnite. Isu ini pertama kali dikabarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Sandiaga mengaku mendapatkan informasi bahwa ada salah satu mode permainan di Fortnite yang memungkinkan pemain untuk menghancurkan bangunan mirip Ka’bah.

Baca juga: Neymar Jr Muncul di Game Fortnite, Begini Cara Mendapatkannya!

Fortnite Bangunan Mirip Kabah Kominfo

Tampilan bangunan mirip Ka’bah di FortniteBangunan itu harus dihancurkan oleh para pemain Fortnite untuk mendapatkan senjata yang baru. Hal inilah yang membuat Sandiaga Uno geram.

{Baca juga: Ada Konten Hancurkan Ka’bah di Fortnite, Sandiaga Uno: Blokir!}

“Lima kali sehari minimal kita menghadap Ka’bah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah. Dan di game ini saya diberitahu bahwa ada ikon yang dinilai mirip Ka’bah yang harus dihancurkan untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya,” ungkap Sandi.

Sandiaga Uno pun meminta supaya game Fortnite tersebut diblokir oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0