Menkominfo Minta Media Siber Perangi Hoax

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta media siber ikut memerangi penyebaran hoax dan mewujudkan perannya sebagai pilar demokrasi. Upaya ini dinilai bisa turut menyumbang andil dalam iklim internet dalam negeri yang kondusif.

“Saya berharap SMSI memberikan andlil yang positif dan sehat dengan kehadiran media siber yang kini jumlahnya mencapai 43 ribu,” kata Menkominfo dalam keterangan resminya mengenai Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Serikat Media Siber Nasional (SMSI), Kamis (26/7/2018).

Menkominfo mengatakan media siber nasional harus berperan untuk memberikan informasi akurat untuk masyarakat seiring dengan pesatnya arus perkembangan teknologi digital. Pasalnya, dalam dinamika saat ini banyak informasi tak benar dan negatif yang masuk, walaupun tak sedikit juga informasi positif.

Untuk itu Menteri Kominfo berharap, keanggotaan media yang terdaftar dalam SMSI mampu menjadi garda terdepan dan contoh melawan berita bohong atau yang sumbernya tidak jelas alias hoax. Masifnya berita atau kabar hoax yang tersebar menurutnya akan menimbulkan kegaduhan di Tanah Air.

“Tentu saja menyebarnya berita hoax membuat kebingungan. Media, khususnya media siber, punya tantangan memberantasnya dalam era demokrasi sekarang,” imbuh dia

Dia juga mengimbau supaya insan pers selalu mengacu kepada UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Pers dalam pemberitaan guna menyajikan informasi berita yang menarik dan akurat untuk publik.

“Sehingga industri pers dan penggiatnya, dapat benar-benar mewujudkan perannya sebagai pilar demokrasi keempat di Indonesia,” tegasnya.

Gelaran Rakernas III SMSI sendiri diadakan pada 25-27 Juli 2018 dengan mengambil tema Indonesia Optimis menghadapi Era Revolusi digital. Tampak ikut hadir pada Rakernas III SMSI Ketua Dewan Pembina SMSI Chairul Tandjung dan tokoh pers senior M Ilham Bintang.

Ketua Umum SMSI Auri Jaya menuturkan Rakernas III bisa menjadi momentum penyegaran kembali semangat berorganisasi dari pemlilk dan pelaku industri media siber. Dengan terlaksananya Rakernas III SMSI, diharapkan media siber bisa menyesuaikan dengan dinamika dan kemajuan dunia digital.

“Rakernas ini menjadikan kami mampu merambah berbagai segmen dunia digital yang semakin tidak terduga berevolusi,” kata Auri. [WS/IF]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI