Mengintip “Pabrik Like” Terbesar di Dunia

Telset.id, Jakarta – Tak dapat dipungkiri lagi bahwa di zaman yang serba menggunakan media sosial ini, jumlah like merupakan sebuah parameter yang menandakan kesuksesan dari sebuah postingan. Yang menarik (dan mungkin belum banyak yang tahu), di Tiongkok ternyata ada sebuah “pabrik like” terbesar di dunia yang siap menerima pesanan.

Like di social media memang sangat diburu. Maka tak heran jika banyak orang mencari akal untuk mendapatkan like di postingan mereka, meskipun harus melakukan cara-cara tak jujur untuk mendapatkan hal tersebut.

Salah satu contohnya adalah dengan membeli like dari sebuah usaha yang sering kali disebut dengan ‘click farm’. Pabrik ini diketahui bermarkas di sebuah daerah di Tiongkok, yang berlokasi di sebuah gudang yang lebih menyerupai sebuah pabrik like untuk media sosial.

Hal ini terungkap setelah seorang pengguna akun twitter bernama English Russia berkunjung ke lokasi tersebut. Pada saat dia masuk kedalam gudang tersebut, dia melihat banyak ponsel yang tersusun di rak-rak besar.

Yang lebih mengejutkan lagi, sang pemiliki mengaku bahwa ada setidaknya 10.000 ponsel pintar yang digunakan untuk memberikan like di sebuah postingan. Untuk cara penggunaannya sendiri, ada yang otomatis dan juga ada yang manual.

Pihak media sosial sendiri seperti Facebook, Instagram, dan lainnya sudah melakukan berbagai cara untuk menanggulangi hal tersebut. Sebagai contoj, Instagram telah memaksa penutupan Instagress yang dapat melakukan komentar dan like otomatis.

Namun nampaknya, para pemilik media sosial harus bekerja lebih keras lagi. Hal ini dikarenakan para penyedia jasa like seperti ini mulai menjamur di seluruh dunia. [NC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here