Mengenal Max Born, Sosok Google Doodle Hari Ini

Telset.id, Jakarta – Google memilih Max Born sebagai sosok Google Doodle pada hari ini. Pasalnya, tepat pada hari ini (11/12/2017), Max merayakan hari jadinya yang ke-135. Mungkin belum banyak yang tahu, siapa sebenarnya sosok Max?

Max Born adalah seorang fisikawan serta matematikawan yang memiliki segudang kontribusi di bidang mekanika kuantum. Bidang ini sendiri merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari benda-benda berukuran sangat kecil, yang berada dalam skala atom dan partikel sub-atomik.

[Baca juga: Browser Ringan ‘Google Go’ Masuk Indonesia]

Pria kelahiran Breslau, Jerman (sekarang bagian negara Polandia) 11 Desember 1882 ini sedari kecil telah menunjukkan kecerdasannya. Bahkan dia mampu meraih gelar Ph.D di Universitas Gottingen, dan kemudian menjadi profesor di universitas yang sama.

Di almamaternya itu, Max mengajar bidang teori fisika, dan mengajar calon fisikawan-fisikawan hebat pada masanya.

Selama mengajar, dia menelurkan sebuah penerapan mekanika kuantum bernama Born Rule. Teori ini berguna untuk memprediksi lokasi partikel-partikel gelombang dalam sebuah sistem kuantum.

Namun, saat perang dunia pecah, Max yang keturunan Yahudi pada akhirnya diungsikan ke Inggris pada 1933. Dan tepat satu hari sebelum perang dunia II pecah, Max mendapatkan kewarganegaran Inggris untuk pertama kalinya.

[Baca juga: 3 Jenis Layar Smartphone Paling Populer, Mana Terbaik?]

Dia pun menetap di Edinburgh, Inggris hingga dirinya pensiun pada 1952. Kemudian, Max kembali ke Jerman Barat dan tutup usia pada 7 Januari 1970 pada umur 87 tahun.

Atas penemuannya, Max dianugerahi hadiah Nobel di Bidang Fisika pada 1954 atas kontribusinya di bidang mekanika kuantum. [NC/HBS]

SourceGoogle

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0