MDI Ventures Telkom Dukung Startup Teknologi Lewat Arise Fund

Telset.id, Jakarta – MDI Ventures perusahaan modal ventura milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan Finch Capital mendukung startup teknologi Indonesia. Caranya dengan menghadirkan badan investasi bernama Arise Fund.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi yang besar untuk startup.

MDI Ventures melihat dan memahami potensi tersebut sehingga kolaborasi dengan global partner seperti Finch Capital menghadirkan badan investasi dengan fokus pendanaan tahap awal bagi startup teknologi Indonesia bernama Arise Fund.

“Ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk menciptakan ekosistem teknologi digital yang sehat dan terus berkembang, demi memperkuat ekonomi digital Indonesia serta membangun sektor BUMN yang modern,” jelas Ririek.

{Baca juga: Telkom Catat Pertumbuhan Laba Bersih 1,3% di Q3 2020}

Arise Fund didirikan untuk memberdayakan generasi baru pendiri startup, terutama yang muncul di tengah-tengah krisis ekonomi yang melanda di tahun 2020 ini.

Dengan target aset kelolaan sebesar USD 40 juta atau Rp 565 miliar, Arise Fund secara aktif membantu startup pra-seri A tidak hanya dalam hal pendanaan.

Menurut General Partner Arise Aldi Adrian Hartanto Arise memberikan jalur yang jelas bagi startup untuk melakukan validasi, bertumbuh, berkembang, hingga melakukan exit.

“Arise Fund secara langsung membantu dalam mencocokkan produk startup terhadap pasar sehingga memudahkan mereka untuk menemukan strategi masuk pasar yang paling efektif,” tutur Aldi.

General Partner Arise dari MDI Ventures Aldi Adrian Hartanto (kedua dari kanan) saat melakukan signing ceremony peluncuran Arise Fund (Foto: Telkom)

“Kami memiliki beragam pedoman untuk memfasilitasi proses ini, yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan berbagai ekosistem teknologi yang berbeda, baik di Eropa, Asia, dan di Silicon Valley,” jelas Aldi.

Cara Dapat Pendanaan Arise Fund 

Terdapat cara untuk mendapatkan pendanaan Arise Fund. Pada tahapan awal, startup dapat bergabung dengan inkubator Indigo Nation besutan Telkom untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan dan dapat dikembangkan.

Dilansir Telset dari laman resmi Telkom pada Jumat (27/11/2020) Arise Fund yang dikelola oleh MDI Ventures dan Finch Capital akan  berperan mendukung perjalanan startup tersebut pada tahapan berikutnya.

MDI Ventures akan membantu menghubungkan startup dengan berbagai bisnis yang dikelola oleh TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya, sementara Finch Capital akan melakukan hal yang sama dengan daftar mitra korporat blue-chip yang dikelolanya.

{Baca juga: IndiHome Tak Bisa Akses Zoom, Begini Penjelasan Telkom}

Targetnya startup dapat menerima investasi dari Centauri Fund di tahapan seri A, kemudian lewat MDI Ventures di seri B dan selanjutnya, hingga akhirnya sukses melalui akuisisi atau IPO.

“Kehadiran Arise Fund ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital di Indonesia sehingga mampu mendorong Indonesia untuk maju menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara di tahun 2025 nanti,” tutup Ririek.

Peluncuran Arise Fund ditandai dengan signing ceremony antara General Partner Arise yakni Aldi Adrian Hartanto dari MDI dan Hans De Back dari Finch Capital.

Acara yang diselenggarakan pada Kamis (26/11/2020) ini disaksikan secara langsung oleh Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya.

{Baca juga: Telkom Luncurkan Kanal Berita Berbahasa Inggris ‘SEA Today’}

Lebih lanjut ada juga CEO MDI Ventures Donald Wihardja yang hadir di acara peluncuran di Jakarta. Turut hadir menyaksikan melalui video conference Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar.

MDI Ventures sendiri adalah anak perusahaan modal ventura Telkom Indonesia yang berbasis di Jakarta, Singapura dan Silicon Valley. [NM/HBS]

SourceTelkom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI