Mark Zuckerberg Kembali ‘Rayu’ Pemerintah Tiongkok

Telset.id, Jakarta – CEO Facebook Mark Zuckerberg nampaknya masih belum ‘patah arang’ dalam mencari kemungkinan agar platform media sosial besutannya dapat beroperasi di Tiongkok. Oleh karena itu, pria yang akrab dipanggil Zuck ini kembali bertolak ke negara Tirai Bambu tersebut. Untuk apa?

Kali ini, Zuck mengawali kunjungannya ke Tiongkok untuk bertemu dengan mahasiswa Tsinghua School of Economics and Management di Beijing pada hari Sabtu (28/10/2017).

[Baca juga: Facebook akan Punya Layanan “Jual Beli Mobil”]

Kegiatannya di kampus Tsinghua School itu ditunjukkan oleh Zuck melalui sebuah postingan di akun Facebook pribadinya. Zuck berkata dirinya juga bertemu dengan jajaran eksekutif universitas tersebut.

Namun seperti dilaporkan oleh Business Insider, kunjungan ini tidak hanya sekedar mengunjungi Universitas itu saja, tapi dia juga menyempatkan diri menemui pemerintah Tiongkok.

Dalam pertemuan itu, selain membahas kemungkinan masuknya Facebook di Tiongkok, Zuck juga dikabarkan memiliki agenda lain. Akan tetapi, agenda tersebut dirahasiakan dari publik.

[Baca juga: 3 Kamera Mirorless yang Cocok untuk Vlogging]

Facebook sendiri telah diblokir oleh pemerintah Tiongkok semenjak 2009 silam. Berbagai cara sudah dilakukan pihak Facebook agar layanan mereka dapat beroperasi di negara tersebut. Salah satunya adalah dengan menyediakan alat sensor konten yang dapat beroperasi di China.

Sayangnya, hingga saat ini pihak pemerintah Tiongkok masih enggan untuk memberikan izik kepada Facebook dan kawan-kawan untuk beroperasi di Negeri Panda itu. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here