telset

Smartfren Maksimalkan Koneksi Internet Jelang Libur Nataru

Telset.id, Jakarta – Smartfren turut mempersiapkan jaringan internet mereka menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Di momen tersebut, trafik layanan data diperkirakan bakal naik signifikan dibandingkan hari-hari biasa lainnya.

Pada momen Nataru 2021, Smartfren memprediksi kenaikan trafik internet di berbagai titik, dengan kenaikan tertinggi di wilayah pemukiman.

Saat Natal tiba, kenaikan trafik layanan internet Smartfren secara nasional naik 5% sampai 8% dibandingkan hari biasa. Kenaikan tertinggi terjadi di Jabodetabek dengan peningkatan mencapai 10%.

Sementara saat tahun baru, kenaikan trafik layanan internet Smartfen secara nasional mencapai 10% sampai 15% dibandingkan hari biasa, di mana Jabodetabek menyumbang kenaikan sampai 15%.

Baca juga: Cara XL Axiata Antisipasi Nataru 2021

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (23/12/2021), VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, mengatakan peningkatan trafik internet terjadi akibat banyak orang yang beraktivitas secara online dari rumah akibat pandemi Covid-19.

“Peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online,” tuturnya.

“Seperti pertemuan secara virtual maupun hiburan film dan musik menggunakan aplikasi streaming video, hingga kegiatan sehari-hari lainnya yang banyak memanfaatkan layanan internet,” sambung Agus.

Jaringan Internet Smartfren Dimaksimalkan Pada Momen Nataru

Internet Smartfren Nataru 2021

Guna mengantisipasi potensi kenaikan trafik layanan internet tersebut, Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan hingga 15% secara nasional saat Nataru. Hal ini dilakukan karena sejumlah wilayah yang diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan layanan.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah, Smartfren melakukan peningkatan  kapasitas jaringan internet hingga 20% lebih tinggi dari hari biasa.

Selain peningkatan jaringan, Smartfren memanfaatkan teknologi termutakhir pada seluruh network, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4×4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM.

Baca juga: Layanan 5G Smartfren Siap Meluncur Tahun Depan

Semua teknologi tersebut berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung.

“Peningkatan kapasitas ini dilakukan guna memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik saat berada dalam perjalanan, maupun ketika berada di rumah masing-masing,” tutup Agus. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0