telset

Layanan 5G Smartfren Siap Meluncur Tahun Depan

Telset.id, Jakarta – Teka-teki kapan Smartfren meluncurkan 5G mulai terjawab. Kabarnya perusahaan akan meluncurkan layanan 5G secara komersil di Indonesia di tahun depan, atau tahun 2022 mendatang.

Melalui acara Indonesia 5G Conference 2021 pada Selasa (26/10/2021), Chief Technology Officer Smartfren Shurish Subbramaniam menuturkan rencana Smartfren terkait peluncuran jaringan 5G di Indonesia. 

Untuk tahun ini, Smartfren akan melakukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G. ULO akan dilakukan pada akhir tahun atau Desember 2021 mendatang. Sedangkan, tahun depan Smartfren menargetkan meraih SKLO 5G dari Kominfo dan menggelar 5G di beberapa area.

Sayangnya Shurish tidak membeberkan secara detail mengenai tanggal gelaran ULO, dan kapan menggelar teknologi 5G Smartfren secara komersil. 

Baca juga: Kecepatan Internet 5G Smartfren Tembus 1,85 Gbps

“Timeline kita saat ini ULO dulu sebelum akhir tahun, lalu seperti yang dikatakan tergantung pada kesiapan ekosistem di frekuensi 2,3 GHz, kami akan menggelar layanan 5G di area yang dipilih,” jelas Shurish. 

Sebelumnya Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys pada Juni 2021, menjelaskan bahwa Smartfren ingin menggelar 5G dengan maksimal. Untuk itu Smartfren akan menata frekuensi sebelum gelar 5G agar pelanggan dapat menikmati 5G dengan baik.

“Bahwa Smartfren menggelar 5G dalam totalitas. Kita nggak ingin 5G yang sepotong-potong. Pertama harus menata frekuensi yang ada, sehingga existing customer tidak akan terganggu dan 5G customer menikmati layanan yang the best experience,” ungkap Merza.

Ketika itu Merza tidak menjelaskan secara detail mengenai kapan perusahaan pimpinannya akan mengajukan ULO 5G. Merza hanya menyatakan bahwa Smartfren segera mengajukan ULO 5G untuk kemudian melakukan operasional layanan 5G di Indonesia.

Jaringan 5G Smartfren

“Ketika kita kapan akan mengajukan ULO 5G? saya hanya bisa jawab soon, segera,” ujar Merza singkat.

Merza menambahkan setelah melakukan ULO 5G dan mendapatkan SKLO, Smartfren akan langsung menggelar teknologi 5G di Indonesia. “Tidak lama lagi mudah-mudahan layanan 5G Smartfren akan segera diluncurkan,” sambungnya.

Baca juga: Kapan Smartfren Menggelar Jaringan 5G?

Semoga saja Smartfren bisa segera meluncurkan jaringan 5G di Indonesia, supaya semakin banyak operator yang menggelar jaringan generasi kelima tersebut di Tanah Air. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0