Kementerian Kominfo Blokir Situs Hacker Raid Forums

Telset.id, Jakarta – Menyusul kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia, Kementerian Kominfo memutuskan untuk blokir Raid Forums. Situs forum hacker ini sudah beberapa kali mengungkap kasus kebocoran data di Indonesia.

Menurut Juru Bocara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, keputusan untuk blokir Raid Forums dilakukan sebagai antisipasi penyebaran data ratusan juta milik penduduk RI yang bocor dan dijual di forum tersebut.

“Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga website tersebut, termasuk akun bernama Kotz sedang dilakukan proses pemblokiran,” ucap Dedy.

{Baca juga: Kominfo Dalami Kasus Kebocoran Data 279 Juta Penduduk RI}

Kominfo juga turut blokir tautan-tautan bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com yang ditampilkan penjual di Raid Forums.

Tiga tautan itu berisi 1 juta data sampel yang diberikan secara gratis oleh penjual. Dedy menyatakan, Kominfo saat ini tengah mendalami investigasi bersama BSSN dan BPJS Kesehatan.

“Tautan untuk mengunduh data pribadi, yakni tautan data di bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com kesemuanya telah dilakukan pemblokiran,” ucap Dedy.

“Dari hasil investigasi secara acak terhadap sekitar 1 juta data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kominfo dan BSSN perlu melakukan investigasi lebih mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan,” sambungnya.

{Baca juga: 279 Juta Data yang Bocor Diduga Milik BPJS Kesehatan, Apa Bahayanya?}

Kominfo Bertemu BPJS Kesehatan 

Menyusul kasus kebocoran data milik 279 juta penduduk Indonesia, Kementerian Kominfo bertemu jajaran direksi BPJS Kesehatan. Dalam pertemuan dengan Kominfo, pihak asuransi kesehatan masyarakat itu berencana akan menguji data penduduk Indonesia yang bocor di Raid Forums.

“BPJS segera akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor,” ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi.

Kominfo Data Raid Forums
Kantor Kominfo

Melalui keterangan resmi, Dedy menjelaskan bahwa Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), akan berkoordinasi dengan tim internal BPJS mengenai investigasi dugaan kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia di situs Raid Forums.

{Baca juga: Bertemu Kominfo, BPJS akan Uji Data Pribadi WNI yang Diduga Bocor}

“Investigasi yang dilakukan oleh tim internal BPJS akan selalu dikoordinasikan dengan Kementerian Kominfo dan BSSN,” sambung Dedy.

Dedy juga memastikan bahwa BPJS akan melakukan langkah mitigasi untuk mencegah risiko kebocoran data yang lebih luas.

“Langkah-langkah pengamanan data akan dilakukan oleh BPJS untuk memitigasi risiko kebocoran data pribadi yang lebih luas,” tutup Dedy. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -