Kominfo: 88% Jaringan Telekomunikasi di Sulteng Sudah Pulih

Telset.id, Jakarta – Jaringan telekomunikasi di Sulawesi Tengah (Sulteng) semakin pulih. Hingga hari ke-13 pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang daerah tersebut, jaringan telekomunikasi seluler sudah semakin mudah diakses.

Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, sudah ada wilayah yang Base Transceiver Station (BTS)-nya berfungsi maksimal sehingga jika ditotal pemulihan jaringan sudah di atas 80 persen.

“Jaringan telekomunikasi seluler yang sudah berfungsi mencapai 88,06 persen atau sebanyak 3099 BTS yang aktif,” ucap Ferdinandus melalui rilisnya pada Kamis (12/10)

Pada data yang dimiliki Kominfo sudah ada beberapa Kabupaten/Kota di Sulteng yang jaringan telekomunikasinya sudah mencapai 100 persen. Tinggal beberapa daerah saja yang hingga kini jaringan komunikasinya belum pulih sepenuhnya.

Baca Juga : Tinjau Kondisi Jaringan Komunikasi, Rudiantara Terbang ke Palu

Bantuan dari Kominfo juga masih dilakukan. Sampai saat ini sebanyak 64 unit telepon satelit telah didistribusikan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemkominfo ke posko-posko penanganan pengungsi di wilayah Sulawesi Tengah.

Alat komunikasi tersebut menurut Ferdinandus sangat berguna dalam melakukan koordinasi terkait penanganan pasca bencana yang terjadi di wilayah timur Indonesia tersebut. Selain itu telepon satelit juga digunakan warga yang tertimpa bencana.

“Petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit tersebut untuk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pasca-bencana. Warga dapat menggunalan telepon satelit untuk mengabarkan kondisi terkini mereka di posko pengungsian,” ucap Ferdinandus

Baca Juga : Kominfo Minta Korban Gempa Sulteng Jangan Termakan Hoaks

Perangkat internet juga sudah disiapkan oleh pihak Kominfo. Dari 19 perangkat internet satelit yang disiapkan BAKTI Kemkominfo sebanyak 17 perangkat yg sudah berfungsi yang tersebar di posko-posko di Kota Palu,Sigi dan Donggala. Sedangkan masih ada perangkat yang akan dipasang di titik bencana lainnya supaya warga bisa mengakses internet secara gratis.

“Sebanyak 2 (dua) perangkat akan dipasang di wilayah Danau Lindu dan Tulawi. Tersedianya perang internet satelit ini memungkinkan warga dapat melakukan mengakses internet secara gratis melalui wifi BAKTIKominfo,’ ucapnya.

Baca Juga : 80% BTS Telkomsel di Sulteng Sudah Pulih

Sebelumnya, PT Telkom Indonesia (TelkomGroup) juga telah berhasil melakukan pemulihan 80% site BTS layanan seluler di Sulawesi Tengah. Bahkan jaringan backbone Telkom rute Palu – Donggala – Makassar dan rute Palu – Parigi – Manado sudah pulih 100% beberapa hari yang lalu.

“Kami bersyukur bahwa saat ini TelkomGroup telah berhasil memulihkan jaringan backbone dari dan menuju Palu serta 80% site BTS layanan seluler,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

“Kami akan terus memberikan yang terbaik hingga seluruh layanan telekomunikasi di Palu dan sekitarnya kembali seperti sediakala,” sambungnya, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Minggu (8/10/2018). [NM/IF]

Sumber : Kominfo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here