Keyword yang Paling Dicari di Awal Ramadhan

Fitur Google
Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Memasuki bulan puasa, masyarakat dunia khususnya Indonesia tentu memiliki tren tersendiri saat menjalankannya. Seperti mencari resep masakan untuk sahur atau berbuka, mencari tempat menarik untuk ngabuburit, atau lainnya.

Nah hal itu pun dibuktikan oleh survei yang dilakukan oleh raksasa pencarian, Google di awal Ramadhan ini. Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, ada 8 kata kunci atau keywords yang dicari masyarakat Indonesia di awal bulan puasa.

Menurutnya ke-8 keywords tersebut adalah menu buka puasa, resep kue lebaran, jalur mudik, arah kiblat, Maher Zein, lagu Ramadhan, kata-kata menyambut Ramadhan, dan tempat ngabuburit di Bandung.

Lanjut menurutnya, tingkat pencarian pengguna di Google Search pun meningkat pertahunnya selama Ramadhan. “Dari tahun ke tahun, ada kenaikan 28% pencarian tentang Ramadhan dan sebagian besar dilakukan di smartphone,” katanya.

Selain itu, terdapat tiga momen yang terjadi saat ini di Google yakni momen untuk menjadi pribadi yang lebih baik seperti berpuasa, doa-doa, dan melakukan hal yang positif. Kemudian adalah soal masakan, dan momen terakhir adalah soal promo.

“Hari raya nanti identik dengan THR, nah otomatis banyak yang mencari soal promo atau diskon untuk bekanja,” jelasnya. (FHP/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here