[Video] Ketika Suara Barack Obama Jadi Video CGI

Telset.id, Jakarta – Para peneliti di University of Washington baru saja membuat kemajuan hebat di bidang teknologi audio dan video, kenapa? Karena para peneliti ini berhasil menerjemahkan suara dari Presiden Amerika ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama menjadi sebuah video buatan yang terlihat realistis.

Dilansir dari Engadget, para peneliti ini berhasil melatih sistem yang ditanamkan algoritma neural network dengan video Obama berdurasi 14 jam agar audio yang ada bisa disinkronkan dengan bentuk mulut yang sebelumnya sudah diciptakan agar terlihat lebih realistis.

Agar video buatan tersebut terlihat lebih alami, sistem yang telah dilatih tersebut akan membuat pergerakkan kepala dan gerakan lainnya seperti rahang, alis, mata, dan lainnya dengan timing yang persis dengan audio yang disinkronkan.

[Baca juga: Pria Ini Bikin Foto KTP Sendiri Pakai CGI]

Bisa Anda lihat pada video di bawah ini, video Obama versi buatan tersebut benar-benar terlihat realistis bahkan cenderung mirip seperti aslinya dengan timing audio serta pergerakkan bibir yang cukup sempurna.

Meski tampak perfect, para peneliti mengklaim jika sistem buatan mereka hingga kini masih belum sempurna karena selain masih membutuhkan data pelatihan, juga sistem masih belum bisa mencocokan raut wajah atau emosi agar sesuai dengan suara yang sedang dikeluarkan. (FHP/HBS)

SourceEngadget

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0