Kenapa Drive di PC Selalu Dimulai dari Huruf C?

Drive C

Telset.id, Jakarta – Anda yang hampir tiap hari selalu melakukan berbagai kegiatan menggunakan PC atau laptop, apakah menyadari sesuatu “keanehan” dari PC atau laptop Anda tersebut? Jika masih belum sadar, biar Tim Telset.id kasih sedikit bocoran kepada Anda.

Ya, “keanehan” itu adalah Local Drive pada PC Anda secara default selalu dimulai dari Drive C, bukannya dimulai dari huruf A dan diikuti dengan huruf B. Kenapa bisa begitu? Ada yang tahu? Jika belum tahu, kami akan berikan penjelasan yang logis mengapa hal tersebut terjadi.

Ya, jawabannya adalah gara-gara floopy disk atau nama keren yang biasa kita kenal adalah disket. Saat hardisk masih belum diciptakan sebagai sarana penyimpanan seperti sekarang ini, floopy disk masih digunakan sebagai alat untuk menyimpan data. Karenanya, floopy disk saat itu dinamai dengan Drive A. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana dengan Drive B?

Secara singkatnya, saat itu floopy disk memiliki dua ukuran yakni 5¼ inch dengan kapasitas 1.2MB dan 3½ inch dengan kapasitas maksimal 720KB. Nah Drive A digunakan sebagai nama dari floopy disk pertama, dan Drive B digunakan sebagai nama floopy disk kedua. Hingga akhirnya hardisk diciptakan pada 1980 silam, maka dinamakan sebagai Drive C.

Bagaimana, sudah jelas kan “keanehan” dari PC atau laptop Anda? (FHP/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here