Kawasan Wisata Labuan Bajo Tercover Jaringan Internet 4G

Telset.id, Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo (BAKTI Kominfo) telah membangun 18 BTS 4G di kawasan pariwisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

18 BTS 4G ini diresmikan oleh Menkominfo, Johnny G Plate, yang juga dihadiri oleh Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif, Kepala Desa Komodo, Haji Aksan, dan wakil Gubernur NTT, Joseph Nae Soi.

Menurut Johnny, pembangunan infrastruktur TIK yang dilaksanakan oleh BAKTI Kominfo  merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan rasio ketersediaan akses internet cepat secara merata.

“Pak Presiden Joko Widodo mempunyai perhatian yang tinggi untuk membangun secara besar-besaran infrastruktur dalam rangka DPSP di Labuan Bajo seperti membangun bandara, pelabuhan, dan jalan,” tutur Johnny. 

“Infrastruktur tersebut kita bisa saksikan sendiri secara fisik, bisa lihat langsung. Tetapi, membangun telekomunikasi, tidak bisa dilihat itu. Namun harus tetap dibangun, hasilnya yang kita rasakan ada sinyal,” sambungnya. 

Johnny menyampaikan, pemerintah bukan sekadar membangun, namun sudah menghadirkan sinyal 4G di wilayah 3T seluruh desa dan kelurahan terhubung dengan jaringan internet cepat. 

{Baca juga: BAKTI Kominfo Raih Penghargaan Internasional Better Satellite World}

 “Sekarang, kerja sama lintas sektor dan peran serta masyarakat termasuk tokoh-tokoh pers-pers media, bagaimana kita membangun ini dalam satu kolaborasi pentahelix kita sehingga ini terlaksana dengan baik,” paparnya.

Oleh karena itu, Johnny mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengambil bagian. Ia menilai, peran serta dan partisipasi masyarakat sangat penting agar pembangunan infrastruktur TIK bisa berjalan lancar. 

“Pembangunan yang sukses, apabila keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat tetap aktif di dalamnya. Masyarakat jangan sampai menjadi penonton, tetapi menjadi partisipan aktif pembangunan nasional kita, termasuk di Pulau Komodo,” tandas Johnny. 

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif. Menurut Anang, pihaknya berkomitmen dan memberikan perhatian serius dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kawasan pariwisata Labuan Bajo. 

18 BTS 4G yang ada di kawasan pariwisata Labuan Bajo adalah bagian dari pembangunan 21 BTS di destinasi super prioritas di Provinsi NTT dan NTB. 

“BTS yang akan kami resmikan ini adalah bagian dari program 21 pembangunan BTS untuk destinasi super prioritas, 18 diantaranya di Provinsi di NTT dan 3 di Provinsi NTB,” jelas Anang. 

{Baca juga: Kominfo Godok Aturan Blokir Media Sosial}

Pembangunan 18 BTS 4G di Labuan Bajo akan dilakukan secara bertahap. Khusus di kecamatan Komodo sendiri sudah dibangun sebanyak 4 BTS dan salah satu yang diresmikan berada di Desa Komodo yang merupakan DPSP. 

Dengan hadirnya pembangunan BTS dan juga program akses internet gratis dari Kominfo, masyarakat begitu antusias ingin menyaksikan konferensi video dari tiga lokasi yang berbeda yakni di Jakarta, Labuan Bajo dan Desa Komodo.

Internet 4G Penggerak Pariwisata Labuan Bajo

Kawasan Labuan Bajo Internet 4G
Menkominfo Johnny G. Plate meresmikan pembangunan 18 BTS 4G di Labuan Bajo, NTT (Sumber: Kominfo)

Wakil Gubernur NTT, Joseph Nae Soi, menyambut baik pembangunan 18 BTS 4G di kawasan pariwisata Labuan Bajo. Pembangunan jaringan internet sangat penting untuk menggerakan industri pariwisata di Labuan Bajo.

“Pemerintah NTT memberikan prioritas utama kepada pariwisata sebagai penggerak utama. Oleh sebab itu, kalau tidak ada digital, tidak ada internet maka sia-sia lah (pembangunan) pariwisata,” ujar Joseph. 

Mewakili masyarakat NTT, Wagub Joseph menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo hingga Bakti Kementerian Kominfo atas perhatian serius dalam mendukung Labuan Bajo sebagai DPSP dengan menghadirkan infrastruktur TIK.

{Baca juga: Kominfo Bakal Hapus Video Syur Mirip Gisel dari Medsos}

“Kita berterima kasih kepada Allah SWT yang pertama, kemudian kepada Presiden Republik Indonesia, ketiga kepada Menteri dan jajarannya serta tidak kalah pentingnya adalah kepada BAKTI Kominfo,” ucapnya. (NM/MF)

SourceKominfo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0