Benchmark GPU Apple M1 Lebih Kencang dari Nvidia GTX 1050 Ti

Telset.id, Jakarta – Hasil benchmark GPU dari Apple M1 telah beredar. Prosesor buatan Apple tersebut diadu dengan dua kartu grafis dari Nvidia dan AMD, yaitu GeForce GTX 1050 Ti dan Radeon RTX 560. Bagaimana hasilnya?

Hasil benchmark GPU dari Apple M1 muncul di situs GFXBench 5.0. Prosesor berbasis Apple Silicon ini berhasil mengalahkan dua GPU diskrit Nvidia GeForce GTX 1050 Ti dan AMD Radeon RX 560.

Dikutip Telset dari Tom’s Hardware, Senin (16/11/2020), Apple M1 diuji menggunakan Metal API dari Apple.

Dari hasil pengujian, performa GPU Apple M1 memang melewati skor yang didapat oleh Nvidia GeForce GTX 1050 Ti maupun AMD Radeon RX 560. Namun perlu diingat, kedua GPU tersebut bukanlah kartu grafis keluaran baru.

{Baca juga: Laptop MacBook Pro Meluncur dengan Prosesor Apple M1}

Meski demikian, keduanya merupakan GPU kelas PC yang memiliki konsumsi daya mencapai 75 Watt. Setidaknya, hal ini membuktikan kalau Apple M1 memiliki performa GPU yang sanggup mengalahkan dua kartu grafis dengan power yang lebih besar.

Spesifikasi Apple M1

Apple M1 merupakan prosesor yang dibuat berdasarkan proses fabrikasi 5nm. SoC ini berbasis ARM dengan konfigurasi core mencakup 4-core Firestorm untuk kinerja tinggi, 4-core Icestorm untuk kinerja hemat daya, dan GPU octa-core.

memang tak banyak spesifikasi yang diungkap soal Apple M1 saat acara peluncurannya. Tapi, GPU pada chipset ini memiliki 128 UE atau exexutions unit.

Apple tidak mengungkapkan kecepatan clock-nya, tapi tidak malu untuk membanggakan angka kinerjanya. Menurut Apple, M1 dapat secara bersamaan menangani hampir 25.000 thread dan menghasilkan throughput sampai 2,6 TFLOPS.

Jika dibandingkan, Apple M1 punya kemampuan yang sama dengan Radeon RX 560 (2,6 TFLOPS) dan kalah sedikit daripada Nvidia GeForce GTX 1650 dengan 2,9 TFLOPS.

Kinerja Stabil, Daya Tahan Luar Biasa

Apple M1 yang digunakan pada MacBook Pro 13 inci disebut-sebut memiliki kinerja 2,8x lebih cepat. Begitu juga dengan daya tahan baterainya.

Diklaim, daya tahan baterai MacBook Pro 13 inci bertenaga Apple M1 dapat bertahan selama 17 jam untuk mengakses situs secara nirkabel. MacBook Pro 13 inci bertenaga M1 juga sanggup tahan hingga 20 jam untuk pemutaran video.

Bukan cuma baterainya yang luar biasa, kinerja GPU dan CPU dari prosesor ini pun patut diapresiasi.

{Baca juga: Pakai Apple M1, Baterai MacBook Pro Bisa Tahan Seharian}

Apple mengklaim bahwa dengan chipset M1, pengguna yang memakai program seperti Final Cut Pro dapat mengharapkan kecepatan rendering jauh lebih cepat. Apple bahkan berani menjaminnya.

MacBook Pro 13 inci dapat membuat render 3D hingga 5,9x lebih cepat dari sebelumnya. Laptop ini bisa pula mengompilasi kode empat kali lebih banyak, berpotensi menjadikannya laptop sempurna. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here