TELKO

Karyawan Apple WFO Tiga Kali Seminggu Mulai September

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Karyawan Apple WFO atau bekerja dari kantor minimal tiga kali seminggu. Kebijakan tersebut berlaku mulai September 2022 mendatang.

Karyawan Apple WFO setelah sekian lama bekerja dari jarak jauh gara-gara pandemi Covid-19. Sempat tertunda beberapa kali, aturan WFO akhirnya berlaku.

Telset kutip dari Engadget, Selasa (16/8/2022), raksasa teknologi itu bakal mulai mewajibkan karyawan WFO di kantor Santa Clara Valley mulai 5 September.

Para anak buah Tim Cook dkk diharapkan datang setiap Selasa dan Kamis, dengan hari ketiga ditentukan oleh tim masing-masing. Aturan berlaku menyeluruh.

BACA JUGA:

SVP rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, mendorong para karyawan untuk berbagi masukan soal hari khusus ketiga dengan manajer masing-masing.

Apple telah berencana untuk memberlakukan pengaturan kerja hibrid di mana karyawan wajib bekerja langsung dari kantor sejak setahun lau atau Juni 2021.

Namun, pada saat itu, Apple ingin personel masuk setiap Senin, Selasa, dan Kamis. Perusahaan meyakini manfaat tak tergantikan dari kolaborasi tatap muka.

Apple telah melakukan beberapa upaya untuk menegakkan pengaturan minggu kerja hibrid sejak saat itu, tetapi harus menuda karena Covid-19 meledak.

Awal tahun ini, Apple kembali berusaha untuk mulai menegakkan kebijakan kerja hibrid. Apple bahkan telah menentukan waktu pasti, yakni 23 Mei 2022.

Namun, para karyawan lalu mengkritik kebijakan tersebut karena didorong oleh rasa takut terhadap berbagai hal. Kebijakan pun sementara ditangguhkan.

Apple lantas mengharuskan beberapa karyawan untuk melapor ke kantor, paling tidak dua kali seminggu. Kebijakan tersebut berjalan sesuai skema.

Sekarang, sepertinya tidak ada yang bisa menghentikan Apple untuk mewajibkan karyawan untuk WFO minimal tiga kali seminggu mulai 5 September 2022.

BACA JUGA:

“5 September 2022 menandai awal yang sebenarnya dari percontohan pekerjaan hibrida kami di Santa Clary Valley,” tulis Federighi dalam memo ke karyawan.

Namun seperti yang iia sebutkan, aturan itu masih uji coba. Perusahaan berharap dapat belajar dari implementasinya dalam beberapa bulan mendatang. [SN/HBS]

 

Leave a Comment