Lebaran 2021, Tri Genjot Kapasitas Jaringan di 214 POI

Telset.id, Jakarta – Hutchison 3 Indonesia (Tri) meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan 4G di momen lebaran 2021. Peningkatan jaringan dilakukan di 214 Point of Interest (POI) supaya pelanggan bisa bersilaturahmi secara virtual dengan maksimal.

Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia M. Danny Buldansyah menjelaskan optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara merata di berbagai wilayah.

Secara spesifik optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan dilakukan di 71 titik di Kalimantan dan Sumatra, 8 titik di Sulawesi, 135 titik di Pulau Jawa dan Bali.

{Baca juga: Menguji Jaringan Tri Indonesia di Pulau Jawa, Bagaimana Hasilnya?}

Optimisasi dilakukan di bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, jalur utama transportasi darat, tempat ibadah, rumah sakit, daerah wisata, serta area pemukiman padat penduduk.

Selain meningkatkan jaringan, Tri juga menambah Cell on Wheels (COW) yang tersebar di beberapa kota seperti Kota Bandung, dan Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Semua peningkatan tersebut juga didukung oleh upaya pengawasan trafik yang dilakukan Tri. Melalui Network Operation Center (NOC), Tri bekerja selama 24 jam sehari untuk memantau kondisi trafik jaringan.

Untuk mengantisipasi terjadi keadaan darurat, Tri juga menyediakan cadangan daya di setiap unit BTS. Untuk bantuan lainnya, pelanggan juga dapat mengakses Call Center 132 milik 3 Indonesia yang beroperasi secara penuh selama 24 jam penuh.

“Optimisasi kualitas dan kapasitas jaringan senantiasa kami lakukan untuk memberikan kenyamanan pelanggan kami menjalani Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Danny Buldansyah.

Melalui keterangan resmi pada Selasa (11/05/2021), Danny berharap semoga peningkatan jaringan yang dilakukan Tri dapat membantu pelanggan untuk merayakan lebaran secara virtual serta mengatasi lonjakan trafik.

{Baca juga: Tri Indonesia Beri Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dan Gempa Mamuju}

“Dengan optimisasi yang sudah dilakukan, kapasitas jaringan 3 bisa mengatasi tambahan lonjakan trafik hingga 35%, sehingga dipastikan pelanggan bisa dengan nyaman menjalani seluruh kegiatan digital selama Ramadan dan Idul Fitri di rumah,” sambungnya.

Lonjakan Trafik Lebaran 

Volume trafik data tercatat mengalami peningkatan saat Idul Fitri dikarenakan banyaknya pelanggan yang berkomunikasi  menggunakan aplikasi mobile messaging seperti WhatsApp, mengakses media sosial, maupun mengonsumsi  konten digital.

Jaringan Tri Lebaran 2021
Tri meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan 4G untuk menghadapi lebaran 2021

Peningkatan ini telah terlihat di minggu ketiga Ramadan dimana terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube sebesar 22%, Shopee 21%, TikTok 20%, dan Mobile Legends 19%.

{Baca juga: Negoisasi Merger Indosat dan Tri Indonesia Berlangsung Alot}

Kenaikan trafik diprediksi akan terus meningkat hingga momen Idul Fitri dan kenaikan tertinggi terdapat di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Semoga saja peningkatan dan persiapan Tri bisa membantu pelanggan yang merayakan lebaran secara virtual. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -