Home NEWS TELKO Jaringan 4G XL Sudah Jangkau 450 Kota di Indonesia

Jaringan 4G XL Sudah Jangkau 450 Kota di Indonesia

Foto: Dok. XL Axiata

Telset.id, JakartaJaringan 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 450 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia. Total panjang jaringan backbone fiber optik XL mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa memaparkan sejumlah pencapaian yang telah dicatat perusahan, terutama dari sisi pengembangan jaringan XL hingga semester ini.

{Baca juga: Percepat Transformasi Digital, XL Axiata Gandeng Google Cloud}

Gede menerangkan bahwa pembangunan jaringan data yang sangat massif dilakukan XL telah memberikan akses masyarakat di berbagai daerah, termasuk di daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sama sekali belum memiliki akses ke jaringan internet.

Hingga saat ini, XL terus memperluas jaringan 4G LTE di Indonesia hingga mencapai lebih dari 450 kota/kabupaten di Indonesia. Sementara total panjang jaringan backbone fiber optik yang sudah dibangun XL mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

“Saat ini jaringan data 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 450 kota/kabupaten di hampir seluruh Indonesia, dan total jaringan backbone fiber optik mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer,” kata Gede kepada Telset.id di konferensi pers virtual, Selasa (18/8/2020).

Total BTS yang kini menopang layanan kepada seluruh pengguna mencapai lebih dari 133.000 BTS, dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE. Sebagian dari BTS tersebut berada di lokasi yang terpencil dan bahkan sangat terpencil di area perbatasan.

Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), XL Axiata juga membangun BTS yang melayani daerah tertinggal melalui skema universal service obligation (USO). Hingga tahun ini, sudah terbangun sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO tersebut.

{Baca juga: Awal 2020, Pendapatan XL Axiata Tembus Rp 6,5 Triliun}

Melalui konferensi pers virtual pada Selasa (18/08/2020), Gede mengatakan jika setiap tahun, jangkauan jaringan data XL terus diperluas supaya dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah. Hal ini dilakukan untuk mendukung visi pemerintah dalam mengakselerasi pembangunan nasional.

“Perluasan pembangunan jaringan akan terus kami laksanakan, termasuk menjangkau wilayah yang lebih sulit dan terpencil di Kawasan Timur Indonesia,” ucap Gede.

XL juga mempersiapkan diri untuk menyambut jaringan 5G dengan fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version