Indosat Optimalkan Jaringan 4G dengan Teknologi AI Ericsson

Telset.id, Jakarta – Guna memantau dan mengoptimalkan jaringan, Indosat Ooredoo menjalin kerja sama dengan Ericsson. Melalui kemitraan itu, Indosat akan memanfaatkan teknologi AI atau kecerdasan buatan dan machine learning buatan Ericsson.

Kerja sama antara dua perusahaan ini adalah bagian dari upaya Indosat untuk mempercepat digitalisasi operasional jaringannya dan menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk pelanggan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Senin (3/5/2021), Indosat Ooredoo menerapkan solusi terbaru dari Ericsson yaitu Ericsson Operations Engine yang menggabungkan teknologi AI dan machine learning.

{Baca juga: Paket Internet Indosat Ooredoo Ramadan 2021, Promo Kuota 100GB!}

Menurut Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, solusi tersebut mampu memantau dan menyesuaikan parameter jaringan. Selain itu, teknologi AI buatan Ericsson juga mengoptimalkan kinerja jaringan 4G Indosat agar streaming video lebih stabil.

“Kami bermitra dengan Ericsson untuk memanfaatkan kemampuan otomatisasi dan analitis yang ditawarkan oleh kerangka solusi Ericsson Operations Engine untuk menerapkan pemeliharaan prediktif guna meningkatkan kinerja dan ketahanan kami,” ujar Medhat.

{Baca juga: Persiapan Indosat Ooredoo Sambut Ramadan dan Lebaran 2021}

“Kami memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengelola kompleksitas jaringan yang berkembang, mendorong efisiensi, dan yang terpenting meningkatkan pengalaman pelanggan kami,” tambah Medhat.

Kolaborasi Indosat Ooredoo – Ericsson Dukung Transformasi Digital Indonesia 

Lebih lanjut, Medhat meyatakan bahwa kehadiran solusi Ericsson Operations Engine juga akan memperkuat komitmen Indosat Ooredoo dalam melaksanakan praktik dan efisiensi bisnis berkelanjutan untuk mengoptimalkan konsumsi energi di seluruh jaringan.

Hal ini karena penerapan teknologi berbasis AI mampu meningkatkan efisiensi spektrum untuk pemanfaatan aset yang lebih baik, dan memastikan pelanggan akan selalu menerima layanan kelas dunia.

Kehadiran teknologi AI juga sejalan dengan upaya berkelanjutan Indosat Ooredoo untuk mendigitalisasi operasional jaringan serta mendukung transformasi digital di Indonesia.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Hadirkan Layanan Periklanan Digital Bernama iAds}

“Solusi AI dibangun oleh orang-orang dan mitra yang ahli di bidang AI dan telekomunikasi dengan pola pikir yang mengutamakan AI. Hal ini sejalan dengan upaya kami untuk mendukung transformasi Indonesia menjadi bangsa digital,” tutur Medhat.

Indosat Ooredoo Ericsson
Indosat Ooredoo

Kemitraan ini disambut positif oleh Country Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper. Dirinya berharap agar solusi Ericsson ini dapat mendorong bisnis Indosat Ooredoo di Indonesia.

“Ericsson bangga menjadi mitra pilihan bagi Indosat Ooredoo untuk memberikan pengalaman pengguna yang terbaik di pasar. Kami sangat berkomitmen untuk mendorong Indosat Ooredoo sukses memimpin pasar di Indonesia,” tutup Jerry. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0