TELKO

Indosat Ooredoo Hutchison Optimalkan Jaringan untuk Lebaran 2022

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Demi memberikan pelayanan yang optimal saat lebaran Idul Fitri 2022, Indosat Ooredoo Hutchison melakukan optimalisasi jaringan di 300 titik pusat keramaian atau point of interest (POI) di Indonesia.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan kalau perusahaan siap menyambut momen libur lebaran Idul Fitri 2022 yang terjadi pada akhir April hingga awal Mei 2022.

“Di libur lebaran sebagian besar masyarakat Indonesia akan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Kami telah melakukan segala persiapan untuk mendukung telekomunikasi digital mereka,” ujar Desmond.

Baca Juga: Paket Internet Indosat Ooredoo Hutchison Maret 2022

Salah satu upaya Indosat Ooredoo Hutchison untuk memaksimalkan pelayanan selama lebaran adalah mengintegrasikan jaringan. Sejak resmi bernama Indosat Ooredoo Hutchison pada awal tahun 2022, perusahaan telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

Teknologi ini mampu memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya. Harapannya agar pengalaman telekomunikasi pengguna menjadi lebih baik.

Rencananya pada akhir tahun 2022, Indosat Ooredoo Hutchison akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu situs dan menambah 11 ribu situs baru di beberapa tahun mendatang. Berikutnya menerapkan optimalisasi jaringan di 300 titik pusat keramaian.

Ratusan titik tersebut meliputi destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Baca juga: Promo Paket Indosat Ramadan 2022

Bukan cuma itu, demi mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat Ooredoo Hutchison juga memaksimalkan jaringan di beberapa rute mudik yang banyak dilalui pemudik.

“Prioritas kami adalah memaksimalkan pengalaman pelanggan, melalui optimalisasi jaringan di berbagai titik keramaian dan arus mudik untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan,” tutur Desmond.

Langkah selanjutnya meningkatkan kapasitas data hingga 30% dibandingkan momen lebaran tahun lalu. Peningkatkan ini dilakukan karena diprediksi banyak pelanggan menggunakan data internet untuk mengakses YouTube, TikTok, Instagram, Facebook dan WhatsApp saat lebaran.

“Peningkatan kapasitas data 30% berdasarkan pengalaman lebaran tahun lalu di mana trafik data tertinggi terjadi di Bogor, Tangerang, Bekasi (Botabek), Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Desmond.

Demi menjaga layanan tetap prima, Indosat akan mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Diterjunkan pula 2.000 petugas teknis yang siap siaga apabila terjadi kerusakan jaringan di lapangan.

Baca juga: myIM3 Tawarkan Program Khusus Ramadan 2022

Tidak ketinggalan, petugas teknis tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) bakal memantau ketersediaan serta kualitas jaringan secara nasional selama 24 jam dan 7 hari penuh.

“Kami berharap dengan ekosistem digital yang lengkap akan memaksimalkan keseruan lebaran pelanggan bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” tutup Desmond. (NM/MF)

Leave a Comment