Indosat Ooredoo Hutchison Raih Asian Telecom Awards 2023

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meraih penghargaan Asian Telecom Awards 2023 sebagai HR Initiative of the Year. Penghargaan diperoleh atas pengembangan proyek Robotic Process Automation (RPA), bernama Administration Assistant Robotic Indosat (ASTRID) untuk membantu dan menangani operasional SDM.

Director and Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni mengatakan kalau melalui ASTRID, Indosat berhasil mengatasi tantangan dalam mengelola sebagian besar pekerjaan administratif khususnya ketika melakukan merger perusahaan.

Mulai dari proses on boarding hingga off boarding di berbagai touch point untuk 2800 karyawannya. Terutama ketika perusahaan memiliki tingkat on boarding rata-rata 200 karyawan baru per tahun dan lonjakan migrasi 1085 karyawan pada tahun 2022 karena merger Indosat dan Tri.

“Kami berterima kasih atas pengakuan internasional ini atas inisiatif terobosan kami dalam HR Operations. Mengintegrasikan 2 perusahaan dengan skala besar memang cukup menantang. Untungnya, kami menjalani prosesnya dengan lancar berkat proyek RPA,” kata Irsyad. 

BACA JUGA:

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Minggu (09/04/2023), dampak ASTRID yang paling signifikan terjadi tahun lalu yang mana proses 5 jam yang intensif menjadi hanya 18 menit dengan akurasi hingga 100% dan hampir 0% dari intervensi manusia.

Dengan ASTRID mengambil alih sebagian besar beban kerja administratif mereka, dan anggota tim dapat mengalokasikan waktu ke pekerjaan yang lebih berharga serta mengembangkan keterampilan dan kompetensi baru untuk karir mereka. Lalu tim SDM juga dapat lebih fokus pada analitik dan wawasan.

Indosat Ooredoo Hutchison percaya bahwa proyek ASTRID RPA, yang meraih Asian Telecom Awards 2023 dapat direplikasi dan dapat diterapkan dalam berbagai proses SDM, dan unit bisnis lainnya yang berulang dan berbasis aturan.

Hal ini dapat menjadi preseden bagi orang lain tentang bagaimana SDM dapat secara kreatif membuat dampak bagi orang-orang melalui penerapan teknologi canggih seperti RPA dan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada karyawannya.

BACA JUGA:

“Indosat berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada seluruh pemangku kepentingan, menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia,” tutup Irsyad.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI