Ramai-ramai Tebar Pesona 4G di Pulau Laskar Pelangi

Foto: Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Pulau Belitung saat ini menjadi pusat perhatian dunia, karena akan menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Tak ingin melewatkan momen langka tersebut, para operator seluler pun ramai-ramai “tebar pesona” layanan 4G LTE di sana.

Telkomsel menjadi salah satu operator yang sibuk menyiapkan jaringan 4G LTE di pulau yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya itu.  Operator terbesar di Tanah Air ini bahkan telah menyatakan akan “memerahkan” Belitung.

Telkomsel secara khusus telah memperkuat jaringannya di wilayah Belitung dalam sebulan terakhir. Layanan 4G Telkomsel yang disiapkan akan melayani para pelanggannya, termasuk wisatawan dari dalam dan luar negeri yang ingin menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Total di Pulau Laskar Pelangi itu.

Layanan 4G Telkomsel hadir mencakup lebih dari 90% inner city Kabupaten Belitung serta Belitung Timur. Layanan 4G Telkomsel juga dapat ditemukan di berbagai lokasi utama seperti Bandara, Hotel BW, Bundaran Batu Satam,  Manggar serta tempat wisata populer seperti Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Pendam.

Secara total Telkomsel mengoperasikan secara khusus sebanyak 15 BTS 4G di Belitung, dengan kecepatan download rata-rata 50 Mbps. Dengan begitu, diharapkan aktivitas menggunggah foto dan video bisa lebih cepat saat berbagi momen Gerhana Matahari Total secara real-time.

“Peristiwa Gerhana Matahari Total ini menjadi pintu masuk bagi masyarakat Belitung dapat menikmati layanan Internet super cepat 4G LTE. Tak hanya masyarakat setempat, tapi juga wisatawan mancanegara,” kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi dalam keterangan pers, Selasa (8/3/2016).

Sukardi lebih lanjut menjelaskan bahwa persiapan Telkomsel jelang Gerhana Matahari Total ini dilakukan secara menyeluruh, agar pelanggan dapat terus menikmati layanan data dengan nyaman, sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi yang dipadati oleh wisatawan.

4G XL Layani Belitung

XL 4G Belitung
Foto: XL Axiata

Selain Telkomsel, operator lain yang nampak sibuk menyiapkan jaringan 4G LTE di Belitung adalah XL Axiata. Momentum Gerhana Matahari Total pun menjadi waktu yang tepat bagi XL untuk meresmikan layanan 4G LTE di Belitung.

Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengatakan, bahwa implementasi 4G LTE ini sekaligus menjadi respon XL atas penetapan Belitung sebagai salah satu destinasi wisata nasional unggulan oleh pemerintah.

“Apalagi kali ini Belitung menjadi sorotan dunia karena menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Kami berharap, dengan layanan 4G LTE dari XL, kepopuleran Belitung akan semakin mendunia,” kata Dian dalam keterangan tertulisnya.

Dian menambahkan, pada tahap awal XL menempatkan 10 BTS 4G. Wilayah yang akan ter-cover adalah Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur.

XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.

Pelanggan XL di Belitung sudah bisa memanfaatkan layanan 4G XL sejak Sabtu, 5 Maret 2016. “Tentu saja para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga bisa mendapatkan akses internet cepat ini,” ujar Dian.

Memanfaatkan momentum kunjungan wisatawan menyaksikan Gerhana Matahari, XL juga akan menyiapkan open booth di Pantai Tanjung Kelayang dari tgl 6 – 9 Maret 2016.

XL pertama hadir di pulau ini sekitar tahun 2004, dan kini sekitar 85% pengguna layanan seluler di Belitung menggunakan kartu XL. Saat ini ada lebih dari 120 BTS di seluruh Belitung, dan hampir seluruhnya adalah BTS 3G.

Selain di Belitung, layanan 4G LTE dari XL juga siap melayani pelanggan dan masyarakat yang menyaksikan peristiwa alam langka GMT di sejumlah area yang dilintasi. Area-area tersebut adalah Palembang, Sumatera Selatan, Palangkaraya dan Sampit, Kalimantan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur, Palu dan Poso, Sulawesi Tengah. [HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here