Gempa Cianjur, Bagaimana Nasib Jaringan Telkomsel dan XL Axiata?

Telset.id, Jakarta – Telkomsel dan XL Axiata melaporkan terkait kondisi jaringan mereka pasca gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat. Keduanya mengaku kalau jaringan mereka tetap berfungsi normal, meski ada Base Transceiver Station (BTS), yang mengalami gangguan.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, secara umum, kondisi jaringan Telkomsel pasca bencana di wilayah tersebut tetap normal. Hanya saja ada sejumlah titik di wilayah terdampak bencana, terutama Cianjur, mengalami pemadaman listrik.

Hal ini berdampak pada penurunan kualitas jaringan Telkomsel di sejumlah lokasi tersebut, karena banyak BTS yang tidak dapat berfungsi dengan normal akibat pemadaman listrik yang terjadi.

Melalui keterangan resmi pada Selasa (22/11/2022), Telkomsel sedang melakukan koordinasi dengan berbagai pihak serta memakai genset agar BTS bisa beroperasi kembali. Cara tersebut diklaim ampuh karena saat ini secara berkala kondisi jaringan sudah berangsur pulih.

BACA JUGA: 

“Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan akibat pemadaman listrik dengan memberdayakan mobile backup genset untuk mendukung operasional BTS yang terdampak agar pelanggan dapat menikmati kembali layanan Telkomsel dengan normal,” sambung Saki.

Pernyataan yang sama juga diungkapkan oleh Retno Wulan, Group Head Corpcomm XL Axiata. Dikatakan kalau jaringan XL Axiata tetap beroperasi dengan baik pasca gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022), lalu.

“Terkait terjadinya gempa bumi yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, kami telah memastikan bahwa jaringan XL Axiata di area Cianjur dan kota/kabupaten sekitarnya masih tetap terjaga dan beroperasi,” tutur Retno Wulan.

Meski begitu sejumlah BTS XL Axiata tidak dapat berfungsi normal karena pemadaman lampu yang dilakukan PLN. XL Axiata telah menerjunkan tim untuk mengatasi masalah tersebut.

“Meski demikian, sejumlah BTS sempat terdampak pemadaman listrik PLN. Saat ini tim teknis XL Axiata di lapangan berupaya memulihkan kondisi BTS-BTS dengan menyalakan genset, serta memastikan kondisi fisik semua infrastruktur jaringan di area terdampak,” kata Retno Wulan.

Selain itu, dari pusat monitoring jaringan XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan di area-area tersebut tetap bisa melayani pelanggan secara maksimal.

BACA JUGA: 

Seperti diketahui bahwa Senin kemarin terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo (M) sebesar 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa tersebut membuat 2.272 rumah rusak dan 5.389 mengungsi.

Lebih lanjut Data terakhir Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Senin kemarin pukul 19.34 WIB mencatat 62 orang meninggal dunia dan 79 orang mengalami luka-luka. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0