telset

Akhir 2020, Telkomsel Pastikan Seluruh BTS USO Sudah 4G

Telset.id, Jakarta – Telkomsel memastikan 1.083 unit BTS Universal Service Obligation (USO) hasil kolaborasi dengan Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo, akan terkoneksi seluruhnya oleh jaringan broadband 4G LTE pada kuartal tiga 2020.

Penegasan ini disampaikan Telkomsel pada saat kunjungan Kementerian Komunikasi dan Informatika ke wilayah 3T di Kabupaten Pulau Morotai, (29/7).

{Baca juga: 23 Pemda Siap Pinjamkan Lahan untuk Bangun BTS USO}

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan, komitmen tersebut merupakan tindak lanjut konsistensi Telkomsel untuk menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband di seluruh pelosok negeri, tanpa terkecuali di wilayah 3T.

Ia menyebutkan Telkomsel bertekad untuk selalu hadir dalam setiap fase kehidupan masyarakat, dengan menggelar akses jaringan broadband yang merata hingga pelosok Tanah Air.

“Kami akan terus menjaga komitmen tersebut, termasuk untuk mendukung percepatan adopsi layanan berbasis digital harus dijalani masyarakat,” kata Hendri dalam keterangan persn yang diterima Telset.id, Kamis (30/7/2020).

Saat ini, Telkomsel telah menggelar 1083 unit BTS USO, dimana sebanyak 993 unit di antaranya telah berteknologi 4G LTE dan tersebar merata untuk melayani kebutuhan akses jaringan broadband di wilayah 3T dari Sabang hingga Merauke.

Sedangkan untuk 93 unit BTS USO lain yang sebelumnya terkoneksi 2G, secara bertahap telah dilakukan proses pengembangan teknologi dan seluruhnya segera terkoneksi jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal tiga tahun ini.

Untuk wilayah Kabupaten Pulau Morotai yang ditinjau langsung oleh Kemenkominfo, Telkomsel sendiri telah mengoperasikan 3 unit BTS Merah Putih dan 29 unit BTS USO yang semuanya telah terkoneksi jaringan broadband 4G LTE.

Secara total, di Propinsi Maluku Utara sendiri, Telkomsel telah menggelar 75 unit BTS USO berteknologi 4G LTE. Pengembangan infrastruktur BTS USO berteknologi broadband ini melengkapi lebih dari 20.000 BTS Telkomsel lainnya di wilayah 3T hingga perbatasan negara.

Hingga kuartal satu 2020, secara keseluruhan Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 unit BTS di seluruh Indonesia, yang meningkat sebelas persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

{Baca juga: APJII Minta Kominfo Tangguhkan Tagihan BHP dan USO}

Telkomsel juga telah mengoperasikan lebih dari 169.000 unit BTS broadband berbasis 3G dan 4G, yang juga tumbuh sekira empat belas persen dibanding periode yang sama.

“Telkomsel menargetkan penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE baru hingga akhir tahun, yang sebagian besar cakupannya diprioritaskan menjangkau wilayah residensial dan padat populasi,” pungkas Hendry. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0