Bayar Zakat Bisa Lebih Mudah Pakai TCash

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baik untuk Anda yang ingin membayar zakat pada bulan Ramadhan nanti, namun ogah repot dan masih bingung menentukan tujuannya. Kini Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi zakat yang tersedia di Play Store atau Apps Store.

Salah satunya adalah TCash, aplikasi “dompet digital” besutan Telkomsel. Aplikasi ini menawarkan solusi kemudahan berzakat melalui dua metode utama, yaitu kode akses *800# yang bisa digunakan pula oleh pelanggan dengan feature phone dan Scan QR Code yang telah tersedia di lebih dari 100 Masjid di wilayah Bandung, Jakarta, dan Purwokerto.

CEO TCash Danu Wicaksana mengatakan budaya berbagi, seperti zakat, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk mempermudah donasi sekaligus secara konsisten mendorong terciptanya gaya hidup non-tunai, sejak tahun lalu pihaknya menghadirkan fitur donasi digital.

baca juga: Gandeng Sun Life, TCash Pasarkan Asuransi Mikro

“Hingga kini, ratusan ribu masyarakat telah mempercayakan fitur donasi ini untuk menyalurkan dana mereka kepada yang membutuhkan.” ujar Danu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Menurut Danu, kepercayaan masyarakat untuk berdonasi digital melalui TCASH didukung dengan kolaborasi strategis yang dilakukan perusahaan. Salah satunya adalah kolaborasi TCASH dengan Rumah Zakat, yang telah dilakukan sejak 2017. Lembaga ini dipilih karena merupakan lembaga pengelola zakat, infaq dan sedekah terbesar di Indonesia.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi menjelaskan, pihaknya menyadari pentingnya inovasi dan kolaborasi strategis guna mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih banyak berbagi. Dia juga memastikan akan terus konsisten melanjutkan kerjasama dengan TCASH melalui fitur donasi digitalnya, dengan mempertimbangkan tren donasi yang didominasi oleh transaksi online hingga mencapai 70%.

“Semoga dengan semakin banyak orang yang berbagi, kami dapat membantu lebih banyak masyarakat pra-sejahtera di 191 kota/kabupaten di pelosok Indonesia.” tutur dia.

Lalu bagaimana cara beronasi digital ke Rumah Zakat melalui TCASH? Gampang! Hanya perlu memindai QR Code yang tertera pada kotak infaq di Masjid-Masjid tertentu dan menentukan besaran donasi.

Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan kode akses *800*01# untuk memilih program donasi yang diinginkan, mulai dari zakat, infaq, qurban, beasiswa, siaga bencana, hingga program insidental kemanusiaan.

Beberapa program donasi yang secara khusus telah dikolaborasikan antara Rumah Zakat dan TCASH diantaranya program infaq qurban, bantuan pangan Suku Asmat, serta inisiatif kotak Superinfaq dengan metode Scan QR Code yang telah tersebar di sekitar 15.000 titik.

“Melalui kolaborasi strategis bersama TCASH ini, kami berharap dapat mendorong para penerima bantuan agar lebih berdaya di masa mendatang serta memperluas jangkauan masyarakat pra-sejahtera di wilayah lainnya.” imbuh Efendi.

Danu juga menegaskan komitmen TCASH untuk mendukung misi Rumah Zakat tersebut. Pasalnya, kerjasama tersebut dianggap sejalan dengan visi perusahaan plat merah tersebut.

“Kami optimis jika fitur donasi digital TCASH dapat menjadi salah satu metode donasi yang potensial bagi Rumah Zakat, khususnya dengan lebih dari 20 juta pelanggan yang kami miliki di seluruh Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan visi TCASH untuk memberdayakan masyarakat di daerah pelosok, melalui dukungan inovasi perkembangan teknologi,” tutup Danu. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here