Empat CEO Unicorn Indonesia akan Berkumpul, Ada Apa?

Telset.id, Jakarta – Saat ini Indonesia baru memiliki empat unicorn, atau perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari US$1 miliar atau mencapai Rp 13,9 triliun, yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak. Nah, keempat pimpinan puncak alias CEO startup tersebut akan berkumpul dalam satu acara, bahkan satu panggung pekan depan. Ada apa?

Mereka akan menghadiri The 1st NextICorn International Summit dengan tema “Voyage to Indonesia as Digital Paradise” pada 9-10 Mei di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali untuk mendorong kelahiran unicorn baru di Indonesia.

Deputy to the Chairman of NextICorn Board, Strategy Formulation & Coordination, Lis Sutjiati menjelaskan ini merupakan pertama kalinya ada acara yang menghadirkan empat pemimpin dan pendiri unicorn di Indonesia.

Nantinya, CEO&Founder Go-Jek Nadiem Makarim, CEO & Co-Founder Traveloka Ferry Unardi, CEO & Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya dan, CEO & Founder Bukalapak Achmad Zaky akan memperkenalkan startup Indonesia kepada pemodal ventura (VCs)yang juga hadir dalam acara tersebut.

“Teman-teman (CEO) Unicorn hadir di sini adalah fungsi yang sangat heroik. Mereka datang untuk mempromosikan di belakangnya adalah saudara-saudara mereka dari Indonesia, ada sekitar 70 start-ups dari Indonesia,” tutur Lis dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Keempat pimpinan Unicorn tersebut dijadwalkan akan mengisi sharing session dalam “Lane of Fame of Indonesian Unicorns”. Disitu mereka akan memaparkan tantangan awal yang sering dihadapi serta peluang mencari dukungan dan mengembangkan partnership dalam lanskap digital Indonesia.

Juru Bicara NextICorn Daniel Tumiwa menambahkan, keempat Unicorn Indonesia tersebut telah berkomitmen untuk hadir dalam ajang pertunjukan yang akan menampilkan potensi digital Indonesia ini.

“Kalangan investor dan pengembang global sangat ingin melihat potensi Indonesia. Mereka tidak hanya sampaikan pencerahan lewat berbagi pengetahuan, namun lebih jauh ingin menyaksikan bidang-bidang area digital yang akan berpotensi maju dan diserap oleh pengguna di Indonesia”, tegasnya.

Berita Terkait: Valuasi Operator Disamai Unicorn, Telkom Terancam?

Selain menghadirkan tokoh nasional, acara ini juga akan dihadiri pembicara dari ASEAN E-Sports Pioneer Nick Nash dan entrepreneur asal Brasil Eduardo Saverin yang merupakan salah satu pendiri Facebook.

Menurut Lis, Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki program khusus untuk kolaborasi ekosistem bisnis digital, khususnya antara stratup dan Vcs dunia. Walaupun diakui jalan yang arus ditempuh untuk mewujudkan pembentukan unicorn baru masih panjang, namun upaya ini patut diapresiasi oleh semua pihak.

“Ini pemerintah sebagai proses akselerasi agar investor-investor dunia yang bisa menelurkan Unicorn, ketemu dengan start-up Indonesia,” jelas Sutjiati.

Acara internasional ini akan dihadiri investor-investor global dari Amerika Serikat, Jepang, China, Singapura dan Australia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here