Bapak Email Ray Tomlinson Wafat

Telset.id, Jakarta –  Kabar duka bagi para pemerhati Internet, Ray Tomlinson, yang dikenal sebagai “bapak email” telah meninggal dunia di usianya yang ke-74 tahun. Tomlinson dikabarkan meninggal akibat serangan jantung

Ray Tomlinson merupakan orang yang menciptakan email, seperti yang kita kenal sekarang. Tomlinson berhasil menciptakan sistem email jaringan pada ARPANET di tahun 1971, yang merupakan cikal bakal internet. Temuannya ini menggunakan format user@host yang masih digunakan hingga saat ini.

Dan pada tahun 1977, metode yang dia kembangkan menjadi standar baru dalam berkirim pesan via Internet. Email yang kita gunakan sekarang masih memakai  metode yang ditemukan Tomlinson, dengan berbagai pengembangan baru yang dilakukan perusahaan developer email.

Selain sistem email yang dia ciptakan, temuan lain yang hingga kini masih terus dipakai adalah simbol @ untuk alamat email. Simbol ini menjadi sebuah fitur wajib bagi para pengguna Internet, khususnya dalam penulisan email.

Karena hasil penemuannya yang dianggap telah mengubah cara dunia berkomunikasi, Tomlinson mendapat penghargaan tertinggi dengan masuk dalam Internet Hall of Fame.

Kini Tomlinson telah tiada, namun penemuannya akan terus dikenang dan digunakan oleh para pengguna Internet di seluruh dunia.

Selamat jalan, Tomlinson.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here