Axiata dan Sinar Mas Bahas Potensi Merger XL-Smartfren

Telset.id, Jakarta – Axiata dan Sinar Mas dikabarkan sedang membahas potensi konsolidasi atau merger antara PT XL Axiata Tbk. dan PT Smartfren Telecom Tbk, menjadi satu perusahaan.

Menurut sumber anonim kedua perusahaan tersebut sedang bediskusi dengan penasihat untuk membantu menimbang transaksi potensial atas merger XL Axiata dan Smartfren. Dikutip Telset dari Free Malaysia Today pada Rabu (06/09/2023), di antara opsi lain yang sedang dipertimbangkan adalah perjanjian berbagi jaringan dan kemitraan.

“Musyawarah berada pada tahap awal dan tidak ada kepastian kesepakatan akan tercapai,” kata sumber anonim tersebut.

Sebagai tindak lanjut atas hal ini, Direktur Utama Smartfren Merza Fachys mengatakan akan menunggu dan melihat perkembangan diskusi. Sementara itu, perwakilan XL Axiata menolak mengomentari spekulasi tersebut.

BACA JUGA:

Di sisi lain seorang juru bicara dari Axiata mengatakan perusahaan selalu mencari kolaborasi dan kemitraan strategis dengan harapan untuk tumbuh secara berkelanjutan di seluruh jejak geografisnya.

Karena itu, pembicaraan baru antara Axiata dan Sinar Mas akan mengikuti upaya gagal lainnya di tahun-tahun sebelumnya. XL Axiata memiliki 58 juta pelanggan per 30 Juni, menurut presentasi keuangan terbarunya.

Di sisi lain Smartfren mempunyai 36 juta pelanggan pada akhir 2022, menurut laporan tahunannya.

Seperti diketahui kalau kebijakan merger telah dilakukan oleh Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia. Kedua perusahaan tersebut  efektif merger sejak tanggal 4 Januari 2022 sehingga berganti nama menjadi PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Merger dilakukan untuk menciptakan sinergi-sinergi operasional signifikan yang memungkinkan investasi menguntungkan bagi konsumen dan menghasilkan nilai bagi para pemegang saham.

Lalu dengan merger ini, konsumen akan diuntungkan dengan jaringan dan kualitas layanan yang lebih baik. Perusahaan hasil merger pun akan berada pada posisi yang lebih bagus untuk meluncurkan jaringan 5G.

BACA JUGA:

Pasca merger Indosat Ooredoo Hutchison pun berhasil meraih beberapa pencapaian. Misalnya sukses memiliki 100 juta pelanggan, dan jaringan mereka 100% telah terintegrasi sehingga layanan semakin maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI