Apple Rayakan 1 Miliar iPhone

Telset.id, Jakarta – Pada awal kemunculannya di tahun 2007 lalu, tak ada yang pernah menyangka iPhone akan mencapai kesuksesan seperti sekarang. Kini setelah hampir satu dekade, Apple berhasil mencatat milestone baru dengan berhasil menjual 1 miliar iPhone.

iPhone pertama kali diperkenalkan oleh mendiang Steve Jobs pada 9 Januari 2007. Itu artinya, tahun depan iPhone akan genap berusia 10 tahun. Hebatnya, menjelang perayaan ulang tahunnya yang ke-10, CEO Apple Tim Cook mengumumkan bahwa Apple telah berhasil menjual 1 miliar unit iPhone hingga saat ini.

Kabar gembira ini disampaikan Tim Cook kepada karyawannya dalam sebuah pertemuan khusus di kantor pusat Apple di Cupertino, Amerika Serikat. Kabar ini langsung disambut gembira oleh para karyawan Apple.

“iPhone telah menjadi salah satu produk yang paling penting, sukses mengubah dunia. iPhone saat ini menjadi bagian yang esensial dalam kehidupan sehari-hari, dan mempermudah aktifitas kita sehari-hari,” ujar Tim Cook.

Tim Cook rayakan 1 miliar iPhone
CEO Tim Cook mengumumkan pencapaian penjualan 1 miliar iPhone dihadapan karyawan Apple (apple.com)

Bisa menjual sebuah produk hingga 1 miliar unit tentu saja menjadi prestasi yang ingin dicapai oleh semua perusahaan. Apple kini telah mencapai tonggak kesuksesan itu, karena belum genap 10 tahun sudah berhasil menjual 1 miliar unit iPhone.

Menurut laporan, Apple mencatat penjualan 500 juta unit iPhone pada bulan Maret 2014. Dan hanya butuh 2 tahun untuk mereka melipat gandakan penjualan iPhone hingga mencapi 1 miliar unit di tahun 2016.

Awal kesuksesan Apple dimulai pada tahun 2007, ketika Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama dan menargetkan 10 juta unit penjualan pada tahun 2008. Saat itu banyak orang yang “nyinyir” meragukan iPhone bakal sukses.

Namun Apple bisa menjawab semua keraguan itu, setelah mereka berhasil menjual iPhone sebanyak 13,7 juta unit di tahun 2008, melebihi dari yang ditargetkan sebelumnya 10 juta unit. Dan 4 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2011, Apple untuk pertama kalinya berhasil mencapai tonggak penjualan terbesarnya dengan mencatat angka penjualan 100 juta unit.

Apple akhirnya seperti tak tertahankan menjadi raksasa dunia teknologi lewat kesuksesan iPhone. Hanya butuh satu tahun setelah itu, mereka mencatat angka penjualan 200 juta unit pada awal tahun 2012. Dan secara mengejutkan, Apple berhasil menutup tahun 2012 dengan mencapai 300 juta penjualan iPhone.

Angka penjualan iPhone belum berhenti sampai disitu. Apple bahkan membuat para analis tercengang karena mampu menyentuh angka 400 juta unit hanya dalam 8 bulan setelah mencapai 300 juta unit di tahun 2013.

Dengan peluncuran iPhone 6s dan 6s di tahun 2015, Apple akhirnya mencatat penjualan 600 juta unit. Dan akhirnya, Apple hanya butuh kurang dari 7 tahun untuk menjual lebih dari 700 juta iPhone di seluruh dunia.

Apple akhirnya berhasil membuat sejarah baru bagi perusahaan, karena di tahun 2016 telah menjual 1 miliar unit iPhone di seluruh dunia. Angka ini bisa dibilang fenomenal, karena Apple tidak menjual produk murah yang dapat dijual bak kacang gorang. iPhone merupakan produk premium dengan banderol harga yang mahal. [HBS]

iPhone 1 miliar timelineiPhone 1 miliar timeline 2iPhone 1 miliar timeline 3

SourceCNN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI