TELKO

Apa Itu Kabel Laut Jasuka, Penyebab IndiHome dan Telkomsel jadi Lemot

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Gangguan jaringan pada Telkom IndiHome dan Telkomsel disebabkan oleh kerusakan pada sistem kabel bawah laut Jasuka ruas Batam. Lantas, apa itu kabel laut Jasuka yang menjadi penyebab Indihome dan Telkomsel gangguan?

Jasuka merupakan singkatan dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Dilansir Telset dari Submarine Cable Map pada Selasa (21/9/2021), sistem kabel laut Jasuka dibangun oleh Telkom Indonesia. Pembangunan dimulai pada tahun 2006 dan selesai di tahun 2011.

Kabel laut tersebut digelar sepanjang 10.860 kilometer, dan menjadi salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Jalur Jasuka terdiri dari 4 kanal 40G, dengan kapasitas 16 kali lipat lebih besar dibanding jalur konvensional.

{Baca juga: Daftar Paket Internet Telkomsel Terbaru September 2021}

Kabel Jasuka memiliki 17 titik pendaratan atau landing points di berbagai wilayah di Indonesia dan Malaysia.

Kabel laut Jasuka (Sumber: Submarine Cable Map)

Adapun ke-17 titik tersebut berada di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantau Parapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Teping Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi di Malaysia.

Selama ini Telkom Indonesia beserta Telkomsel, menggunakan kabel laut Jasuka untuk memberikan akses internet yang lebih merata. Untuk itu, ketika terjadi gangguan pada kabel tersebut, otomatis akan berdampak pada sistem layanan internet mereka.

Sempat Gangguan, Jaringan IndiHome dan Telkomsel Kembali Normal

Ilustrasi Telkom

Sebelumnya pada Minggu (19/9/2021), layanan Telkom IndiHome dan Telkomsel down atau mengalami gangguan. Menurut Denny Abidin selaku VP Corporate Communication Telkomsel, gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

{Baca juga: Cara Mengecek Batas FUP Internet IndiHome, Tips Lengkap}

“Sehubungan dengan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka, rusa Batam yang berdampak pada penurunan layanan internet di sejumlah titik wilayah di Jawa Timur hingga Papua pada Minggu 19 September 2021,” tutur Denny.

Hal serupa juga dikatakan oleh VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Pujo Pramono.

Layanan IndiHome dan Telkomsel yang gangguan diakibatkan adanya problem pada kabel laut Jasuka. Titik gangguan berada di 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

{Baca juga: Sempat Gangguan, Jaringan Telkomsel dan IndiHome Kembali Normal}

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” jelas Pujo.

Telkom Group telah melakukan perbaikan. Sejak Senin (20/9/2021), layanan Telkomsel dan IndiHome berangsur normal kembali.

“Layanan Telkom Group baik fixed maupun broadband di beberapa wilayah di Indonesia mulai kembali normal,” ungkap Pujo. (NM/MF)

Leave a Comment