telset
spot_img

Steve Wozniak Bermimpi Apple dan Google Bisa Bersatu

Steve Wozniak
Steve Wozniak (Engadget)

Jakarta – Melihat persaingan Apple dan Google bagaikan hubungan relasi antara anjing dan kucing yang dikenal tak pernah akur. Kedua raksasa teknologi itu bersaing ketat di pasar sistem operasi mobile dan perangkat smartphone. Namun pernahkah Anda membayangkan kedua musuh bebuyutan itu saling mendukung mengembangkan produk mereka?

Mimpi bisa melihat Apple dan Google bisa saling bekerja sama itu ternyata datang dari salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak. Sahabat Steve Jobs ini mengungkapkan impiannya tersebut dalam sebuah wawancara dengan BBC.

“Saya berdoa kepada Tuhan meminta agar Apple dan Google bekerja sama di masa depan,” ujar Wozniak kepada BBC, seperti dilansir PhoneArena, Senin (4/11).

Wozniak mengungkapkan ia terkesan dengan bagaimana search engine Google mendukung Android speech recognition, terutama ketika dibandingkan dengan Apple Siri yang ada di iDevice.

“Terkadang saya mengatakan ‘Pergi ke Joe’s Diner’ dan Siri tidak tahu di mana Joe’s Diner berada. Tapi Android lebih sering bisa menemukannya,” kata pria yang biasa disapa Woz itu.

Woz meyakini bahwa kombinasi Apple-Google akan membawa perbaikan besar pada teknologi wearable device (perangkat yang bisa dikenakan) seperti jam tangan pintar ataupun teknologi Augmented Reality yang diadopsi Google Glass.

“Selama sekitar 3-4 tahun saya telah berbicara tentang layar LED organik yang secara teoritis bisa dicetak pada plastik dan bisa dilipat. Ketika diletakkan di tangan dan tangan terbuka, maka otomatis perangkat akan terbuka. Saya menginginkan perangkat smartphone seperti itu. Tapi saya tidak mau ukuran yang kecil,” tutur Woz mengungkapkan smartphone impiannya.

Dalam kesempatan itu Woz juga menyinggung soal perang paten yang semakin marak terjadi akhir-akhir ini. Menurutnya, perusahaan bisa saling membeli lisensi perusahaan lain dan berbagi teknologi untuk produk yang lebih baik.

Dia bahkan tidak menampik jika ada beberapa fitur pada ponsel Samsung yang diharapkannya bisa digunakan pada iPhone. “Saya berharap Apple akan dan dapat menggunakannya,” ucap Woz.

Woz mengakui jika ia tidak tahu banyak mengenai hal-hal bisnis yang dapat menghalangi kerjasama antara Apple dan Google. Ia memahami jika perusahaan membutuhkan penghasilan. Namun ia masih berharap impiannya bisa terwujud di masa depan.

Bisa Anda bayangkan seandainya impian Woz itu dapat terwujud, dimana Apple dan Google bersatu membuat sebuah perangkat ‘super smartphone’ dengan mengkombinasikan teknologi canggih yang mereka miliki. Hmm..kapan ya bisa terwujud?[HBS]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0