telset
spot_img

Pembeli iPad Air Masih Didominasi Pemilik iPad Lama

Antrean pembeli iPad Air
Antrean pembeli iPad Air

Jakarta – Peluncuran iPad baru selalu menyedot pembeli yang membludak. Lantas apakah itu mengindikasikan jumlah penguna iPad juga mengalami peningkatan? Hasil survey yang dilakukan lembaga riset pasar Piper Jaffray menunjukan bahwa 75% pembeli iPad Air adalah konsumen lama yang telah memiliki iPad.

Menurut Gene Munster, seorang analis dari Piper Jaffray, mereka  melakukan survei terhadap 71 pembeli iPad Air. Dari hasil survei tersebut, diketahui bahwa mereka adalah para pengguna iPad versi lama yang ingin upgrade ke model baru.

Sekitar 75% pembeli iPad Air adalah mereka yang sebelumnya telah memiliki iPad, hanya 18% yang berencana tetap menggunakan iPad lama mereka dan pada dasarnya mereka juga pemilik iPad mini.

Demikian juga yang terjadi untuk iPad Mini, dimana dalam survei iPad mini yang dilakukan menunjukan  76% pemilik iPad mini berencana tetap menggunakan tablet mini tersebut bersama dengan iPad model besar yang telah mereka miliki.

Survey itu juga mengungkap, bahwa rata-rata pembeli itu adalah pengguna yang telah menggunakan iPad selama 23 bulan. Itu artinya, jangka waktu penggantian iPad ke model baru lebih cepat 7 bulan dari rata-rata konsumen yang umumnya mengganti gadget mereka setelah 30 bulan.

Munster juga mengatakan, bahwa rata-rata pembeli iPad Air memilih kapasitas storage 59,7GB, atau lebih tinggi dari pilihan pembeli iPad 3 yang rata-rata memilih kapasitas storage 40,5GB.

“Kami yakini hal ini masuk akal karena sebagian besar konsumen yang sudah punya iPad tampaknya akan beralih ke iPad Air tetapi tetap menggunakan iPad mini sebagai perangkat pelengkap iPad model besar,” kata Munster yang dikutip telsetNews dari Macrumors, Senin (4/11).

Dengan kata lain, lanjut Munster, seorang konsumen biasanya telah memiliki lebih dari satu iPad, dengan kecenderungan memilih iPad Air dan iPad mini, bukan dua iPad dengan ukuran sama.

Selain memetakan pengguna iPad, hasil survey itu juga mendapati bahwa para pembeli iPad Air juga sebagian besar merupakan pengguna iPhone.

Well, dengan merujuk dari hasil survey Piper Jaffray tadi, maka dapat kita simpulkan bahwa antrean panjang pembeli iPad tidak mengindikasikan banyak pengguna baru iPad. Karena sebagian besar pembeli iPad baru masih orang yang sama, alias hanya dibeli oleh ‘orang yang itu-itu saja’.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0