Startup Israel Ciptakan Steak Nabati Cetak 3D untuk Vegan

Telset.id, Jakarta  – Kabar baik bagi para vegan atau vegetarian, tahun depan Anda bisa menikmati steak nabati cetak 3D. Semua berkat jasa perusahaan rintisan atau startup Israel bernama Refined Meat.

Selama ini, komunitas vegan berpendapat bahwa makanan seperti jamur adalah pengganti yang layak untuk menggantikan daging. Spesies tertentu seperti jamur portobello dapat memberikan tekstur “gemuk”.

{Baca juga: Ilmuwan Israel Berhasil Bikin Jantung Buatan, Dicetak 3D}

Namun begitu, semirip apapun, jamur tetap tidak akan bisa menggantikan rasa nikmat yang ada dalam setiap iris daging.

Padahal, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi ledakan popularitas makanan nabati seiring semakin banyaknya penganut vegetarian.

Beruntung, Refined Meat menemukan solusinya. Tahun 2021, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (1/7/2020), mereka menelurkan temuan mutakhir dengan menginovasi steak.

Refined Meat akan menghadirkan steak nabati cetak 3D ke pasaran. Sekadar informasi, sejauh ini alternatif daging nabati dari Impossible Foods and Beyond Meat cenderung lebih banyak dari variasi “daging” cincang.

Menurut Refined Meat, menggunakan pencetakan 3D, struktur otot daging hewan bisa ditiru tanpa cacat, sehingga nampak benar-benar seperti aslinya.

Dengan kata lain, cetak 3D bakal membantu menciptakan daging dengan tekstur yang sama seperti steak nyata yang biasa kita jumpai.

{Baca juga: Darurat Corona, Peneliti Produksi Swab Hidung Pakai Cetak 3D}

Namun, apakah rasanya benar-benar seperti steak? Sepertinya kita harus menunggu sampai tahun depan untuk bisa mencicipinya.

Yang jelas, mesin cetak 3D Refined Meat mampu mencetak 20 kilogram per jam. Harganya pun akan lebih murah. Tapi soal rasa tetap tergantung selera bukan? [SN/HBS]

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI