telset

Ekspansi Pasar, Spotify Hadir di Rusia dan Eropa Timur

Telset.id, Jakarta-Spotify melakukan ekspansi pasar di tahun 2020 ini. Aplikasi streaming musik asal Swedia tersebut resmi hadir di 13 negara termasuk Rusia dan beberapa negara di Eropa Timur.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Rabu (15/07/2020) daftar negara yang akan mendapatkan Spotify adalah Albania, Belarus, Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Kazakhstan, Kosovo, Moldova dan Montenegro.

Lebih lanjut negara-negara yang juga mendapatkannya adalah Makedonia Utara, Rusia, Serbia, Slovenia, dan Ukraina. Total dengan penambahan tersebut maka Spotify resmi hadir di 92 negara di dunia.

Secara keseluruhan, Spotify mengatakan langkah ini memberikan akses ke 250 juta pelanggan potensial.

{Baca juga: Cara Putar Lagu Favorit Spotify di Aplikasi Google Maps}

Khusus Rusia, Spotify bisa menjadi primadona baru di negara tersebut karen menurut  International Federation of the Phonographic Industry, sekitar 87% orang Rusia suka menikmati musik secara streaming.

Rusia diprediksi menjadi pasar streaming musik terbesar ke-17 secara global dan bisa naik ke posisi 10 besar pada tahun 2030 mendatang. Untuk itu Spotify berusaha agar platform mereka dapat menjaring banyak pengguna.

Misalnya Spotify melokalkan aplikasi untuk versi website dan seluler serta meluncurkan hampir 100 daftar putar yang dibuat khusus untuk pasar Rusia.

Daftar putar tersebut berisi berdasarkan genre favorit masyarakat Rusia dan diisi oleh artis lokal dan internasional yang terkenal disana. Sayangnya Podcast tidak akan diluncurkan di Rusia karena baru lahir atau belum banyak dikenal.

{Baca juga: Spotify Now Playing Bisa Nonton Video Lagu Favorit}

“Ini adalah sesuatu yang akan penting bagi kami dari waktu ke waktu,” kata Vice President of Markets and Subscriber Growth Spotify, Gustav Gyllenhammar.

Pada kesempatan yang sama Spotify mengumumkan jika saat ini telah memiliki 286 juta pengguna dan 130 juta pelanggan Premium.

Spotify Tampilkan Lirik Lagu

Spotify adalah platform streaming yang terus memberikan kemudahan bagi pengguna. Sebelumnya Spotify  menghadirkan fitur lirik yang tersinkronisasi dengan musik di 26 negara, termasuk Indonesia.

Melalui fitur tersebut, pengguna bisa menikmati lagu favorit sambil melihat lirik yang muncul otomatis ketika musik diputar.

Dilansir Telset.id dari Digital Music News pada Rabu (01/07/2020), Spotify mulai menguji fitur karaoke ini di beberapa negara pada November 2019 lalu.

Spotify bekerja sama penyedia layanan penyedia lirik lagu, Musixmatch demi menampilkan lirik lagu secara real-time kepada pengguna.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya fitur tersebut pun hadir di banyak negara termasuk Indonesia. Daftar lengkap negara yang mendapatkan fitur tersebut antara lain Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Peru, Bolivia, Kosta Rika, Republik Dominika, dan Ekuador.

{Baca juga: Yeayy! Bisa Dengar Lagu Sambil Karaoke di Spotify}

Selain itu, Spotify juga menghadirkan fitur lirik lagu di Guatemala, Honduras, India, Nikaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong.

Jika dianalisa, Spotify sepertinya ingin memperluas pasar ke kawasan Asia dan Amerika Latin. Sehingga Spotify belum menghadirkan fitur tersebut di Amerika Serikat ataupun Kanada.

Tim Telset.id pun mencoba fitur tersebut, dan ternyata cara untuk menampikan lirik sangat mudah. Cukup tombol “Lyric” yang berada di bawah layar. Nantinya, akan muncul lirik yang tersinkron sesuai dengan irama lagu yang sedang diputar.

Perlu diketahui. Spotify terus mengembangkan berbagai fitur untuk pengguna. Laporan terbaru mengungkap bahwa aplikasi streaming musik ini bakal memungkinkan pengguna untuk monton video musik lagu favorit via aplikasi. Spotify akan menghadirkan fitur baru bernama Now Playing.

{Baca juga: Begini Cara Tampilkan Lirik Lagu di Spotify}

Leaker Jane Manchun Wong telah menemukan dan mengaktifkan opsi video musik untuk layar lewat fitur Now Playing di aplikasi Spotify. [NM/HBS]

SourceEngadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0