Capai Tahap Beta, Ini Spesifikasi dan Fitur Steam ChromeOS Terbaru

Telset.id, Jakarta –  Google dan Valve mengumumkan bahwa mereka sudah mencapai tahap beta. Selain itu, Google juga sudah memberikan detail spesifikasi dan fitur Steam ChromeOS

Steam versi ChromeOS yang sudah dikembangkan oleh kedua perusahaan sejak Maret 2022 lalu merupakan bentuk dukungan untuk memperluas opsi permainan yang tersedia di Chromebook.

Pada rilis versi alpha yang tersedia secara terbatas pada beberapa perangkat dan dengan spesifikasi yang tinggi juga masih belum bisa menjalankan game-game terkenal secara stabil, walaupun ada beberapa game yang masih bisa dimainkan dengan layak.

Mulai hari ini, ada kabar yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang karena Google dan Valve telah mengumumkan bahwa Steam untuk ChromeOS telah lulus ke versi beta.

Versi beta tersedia di ChromeOS 108 dengan ketersediaan yang lebih luas, pengalaman pengguna yang ditingkatkan, serta kinerja dan kompatibilitas yang lebih baik.

Dengan rilisnya versi beta ini Google dan Valve memberikan detail spesifikasi yang lebih menyesuaikan Chromebook dan beberapa fitur baru yang mengatasi masalah dari versi alpha Steam ChromeOS.

BACA JUGA:

Spesifikasi Minimum Steam ChromeOS Beta

Spesifikasi dan Fitur Steam ChromeOS

Untuk menjalankan Steam pada ChromeOS sekarang pengguna memerlukan Chromebook dengan AMD Ryzen 5000 C-Series dan Intel Core 12th-gen Series. Mereka juga menurukan persyaratan CPU minimum ke Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3 dengan RAM 8GB. Walaupun, mereka merekomendasikan perangkat Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 dengan RAM 16GB

Jika dalam versi alpha hanya ada tujuh model Chromebook, kini dalam versi beta ada 20 perangkat yang dapat menjalan Steam versi ChromeOS. Perangkat meliputi beberapa brand seperti Asus, Acer, Lenovo dan HP yang masih akan terus bertambah.

Fitur-Fitur Terbaru Steam ChromeOS Beta

Spesifikasi dan Fitur Steam ChromeOS

Google juga telah memberikan fitur baru untuk menunjang pengalaman pengguna. Salah satu yang mendasar adalah membiarkan notifikasi baterai lemah muncul saat Anda memainkan game layar penuh.

Fitur lainnya yang tersedia adalah dalam pengelolaan penyimpanan yang lebih hemat pada perangkat karena sistem akan secara otomatis menolak akses penyimpanan ketika game mengunduh konte di luar sistem.

Steam untuk ChromeOS kini mendukung grafis DirectX 12 dan Vulkan 1.3 yang sudah umum digunakan dalam game. Karena dukungan ini juga membuat pengurangan overhead pada CPU perangkat.

BACA JUGA:

Google juga memperbaiki beberapa masalah dengan tampilan resolusi tinggi atau pada resolusi yang lebih rendah, Chromebook dengan layar yang berjalan pada resolusi QHD atau UHD dapat mengalami penyesuaian kinerja

Well, itu dia beberapa fitur dan spesifikasi untuk Steam ChromeOS versi beta. Bagi pengguna yang memiliki perangkat Chromebook OS yang sesuai dengan spesifikasi minimum Steam ChromeOS sangat menarik untuk menjajal layanan penyedia game ini. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0