SpaceX Sukses Terbangkan Kapsul Crew Dragon, tapi Malah Meledak

Crew Dragon

Telset.id, Jakarta  SpaceX menuntaskan uji coba terakhir Crew Dragon sebelum resmi mengirim astronot ke luar angkasa. Peluncuran kapsul untuk astronot buatan SpaceX itu dilaksanakan di kawasan Cape Canaveral, dan berakhir dengan ledakan “yang disengaja”.

Seperti dilansir CNET, SpaceX menyatakan bahwa uji coba Crew Dragon berhasil membuktikan bahwa astronot dapat secara aman melarikan diri dari pesawat ruang angkasa jika terjadi keadaan darurat ketika peluncuran.

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon. Kapsul untuk astronot ini terpisah dari Falcon 9 sekitar 80 detik setelah lepas landas, membersihkan roket, mengubah orientasi dengan menembakkan pendorong.

{Baca juga: Misi Luar Angkasa Batal, Kapsul Boeing Kembali ke Bumi}

Kapsul kemudian mengambil perjalanan via parasut ke Samudra Atlantik. Baik NASA dan SpaceX menyiarkan secara langsung acara itu. SpaceX berharap, Falcon 9 akan pecah dan memicu semacam bola api.

Seperti dikutip Telset.id, Senin (20/01/2020), uji coba berlangsung sesuai harapan. Kru pemulihan mulai bekerja untuk mengambil kapsul setelah kembali ke Bumi. Mereka mengambil puing-puing dari roket yang meledak.

SpaceX mengatakan, operasi pemulihan diperkirakan akan memakan waktu beberapa jam. Terkait uji coba tersebut, administrator NASA, Jim Bridenstine mengucapkan selamat kepada SpaceX atas keberhasilan yang dilakukan.

{Baca juga: Hiii… SpaceX Terbangkan Monster Tikus ke Luar Angkasa}

Pendiri SpaceX, Elon Musk, menggambarkan momen uji coba itu sebagai sebuah “gambar sempurna”. “Melihat hasil dalam uji coba kali ini, saya sangat bersemangat. Semuanya berjalan bagus,” terangnya.

Tes ini menandai tonggak penting dalam pengembangan Crew Dragon untuk Program Crew Komersial NASA. SpaceX dan Boeing bekerja sama dengan NASA untuk meluncurkan astronot dari AS ke Stasiun Luar Angkasa di masa mendatang. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here