Sony Xperia Z1 vs iPhone 5

Sony Xperia Z1 vs iPhone 5 (PhoneArena)
Sony Xperia Z1 vs iPhone 5 (PhoneArena)

Jakarta – Sony Mobile baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya bernama Xperia Z1. Smartphone ini diklaim memiliki keunggulan di segi kamera dan ketahanan terhadap air.

Setiap ada peluncuran produk flagship baru, maka produk tersebut akan coba dibanding-bandingkan dengan produk flagship milik rival yang telah lebih dulu dirilis. Kali ini pun Xperia Z1 coba disandingkan dengan iPhone 5 untuk diadu.

Dari segi desain keduanya terlihat jelas berbeda. Xperia Z1 dilapisi dengan kaca di sisi depan dan belakang yang membuatnya terkesan premium, sedangkan bagian belakang iPhone 5 dilapisi dari bahan aluminum.

Namun dari sisi bentuk bodinya, iPhone 5 terkesan lebih compact dan mudah digenggam dengan satu tangan karena layarnya yang lebih kecil dibandingkan Xperia Z1.

Sony Xperia Z1 vs Apple iPhone 5
Sony Xperia Z1 vs Apple iPhone 5

Beralih keukuran layar, Xperia Z1 menawarkan layar yang didukung teknologi Triluminos seluas 5 inch dengan resolusi 1080p dan 1920 piksel. Sementara iPhone 5 memiliki layar yang lebih kecil yakni 4 inch dengan resolusi 640 dan 1136 piksel.

Di atas kertas, Xperia Z1 terlihat unggul, namun jika dilihat dari sisi reproduksi warna di atas layar mestinya iPhone 5 tak kalah baiknya. Tetapi bila ketajaman warna bukan salah satu perhatian utama, Xperia Z1 tentu lebih unggul daripada iPhone 5.

Sony Xperia Z1 vs Apple iPhone 5
Sony Xperia Z1 vs Apple iPhone 5

Sementara untuk  mendukung performanya, kedua smartphone ini telah menggaung-gaungkan SoC yang digunakan seperti iPhone 5 dengan chip A6 dan Xperia Z1 dengan Snapdragon 800. Apa pun chipset-nya, mestinya kedua smartphone ini sanggup memberikan kinerja yang maksimal ketika digunakan.

Xperia Z1 datang dengan memori penyimpanan internal sebesar 16 GB, begitu pula dengan iPhone 5. Bedanya, Xperia Z1 bisa ditambahkan memori eksternal hingga 64 GB yang tidak bisa dilakukan pada iPhone 5.

Lini kamera merupakan yang paling menarik. Seperti yang telsetNews kutip dari PhoneArena, Kamis (5/9), awalnya iPhone 5 sangat bangga dengan kemampuan kamera 5 sebesar 8 megapixel dengan hasil jepretan yang maksimal. Namun nampaknya vendor asal Amerika Serikat ini harus mengaku kalah dari Xperia Z1.

Pasalnya, kamera Xperia Z1 telah dibenamkan kamera sebesar 20 megapixel yang didukung G Lens, yakni teknologi kamera digital yang langsung diadaptasi untuk digunakan pada smartphone.

Spny Xperia Z1 vs iPhone 5 (PhoneArena)
Spny Xperia Z1 vs iPhone 5 (PhoneArena)

Dari perbandingan ini terlihat  bahwa Xperia Z1 dan iPhone 5 memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Xperia Z1 memiliki fitur multimedia yang lengkap, tahan air, dan desain smartphone mewah.

Namun smartphone dengan ukuran yang lebih kecil namun tetap canggih bisa ditemukan pada iPhone 5. Hmm, jadi mau pilih yang mana? [LKH/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0