Smartphone Dual SIM 4G LTE dengan LED Flash Pada Kamera Depan

20150921_083906Samsung resmi merilis smartphone seri Galaxy J generasi kedua bernama Galaxy J5. Berkolaborasi dengan salah satu vendor 4G, BOLT! 4G LTE Perangkat ini memang menyasar kelas menengah. Seperti apa kelebihan dan kekurangannya.

Harga Rp 2.799.000

Desain

Samsung Galaxy J5, memiliki ciri khas dari desain Samsung seri sebelumnya dengan bagian sudut yang melengkung dan cover belakang yang bisa dibuka. Secara fisik tidak ada yang berubah sama sekali, tombol home fisik di tengah bawah, tombol volume dibagian kiri atas dan tombol power disebelah kanan.

Ya, kalau kami perhatikan desain Galaxy J5 bukanlah produk andalan Samsung, bodinya terbuat dari plastik. Karena bodinya terbuat dari plastik, Anda dapat membuka dan menutup bagian belakangnya dengan mudah. Sayangnya, ketika tangan berkeringat bodi dari Galaxy J5 mudah kotor, kebetulan yang ada di kami berwarna putih.

Meski desain Galaxy J5 tak terlalu cantik, perangkat ini merupakan smartphone yang ergonomis. Nyaman untuk digenggam, bahkan saat Anda hanya menggunakan satu tangan. Port untuk audio terletak di sebelah port USB. Sementara lubang untuk speaker terletak di bagian belakang, di sebelah kamera utama.

Untuk desainnya sendiri ponsel ini memiliki ketebalan 7.9mm dengan berat total 146 gram yang sedikit lebih ringan dari Samsung Galaxy J7.

Layar

20150921_084231

Untuk layar Galaxy J5 menggunakan ukuran 5 inci dengan resolusi 1280×720 pixels atau setara dengan HD. Jenis layar yang digunakan adalah TFT PLS dengan kerapatan layar mencapai 294 ppi (piksel per inci). Tentu ini menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy J5, karena tampilan layar terlihat kontras dan tajam.

Sayangnya perangkat ini juga belum di beri lapisan pelindung berupa gorilla glass ataupun sejenisnya sehingga untuk melindungi layar yang dibawannya, Anda harus membeli screen guard secara terpisah.

Interface

Meski termasuk perangkat kelas menengah, tetapi Galaxy J5 sudah menggunakan OS Android 5.1.1 Lollipop. Selain itu, sama seperti smartphone buatan Samsung lainnya, Galaxy J5 menggunakan antarmuka TouchWiz. Berbeda dengan versi sebelumnya dari TouchWiz berasa lebih halus dalam hal desain dan kegunaan.

Untuk tampilan homescreen hanya disediakan dua buah halaman. Jika ingin menambahkan halaman, maka Anda hanya perlu menahan layar sebentar atau mencubit layar. Setelah itu, Anda akan ditampilkan pengaturan Wallpapers, Widgets, Themes, dan menambahkan halaman pada area homescreen. Pada area ini juga, hanya tersedia dengan 4×4 kolom aplikasi yang dapat dipajang setiap halamannya.

Ketika kami jalankan dan gunakan untuk bermain, kami tidak menemukan masalah dengan antarmuka. Secara keseluruhan, kami puas dengan cara hal-hal yang telah ditingkatkan dengan perangkat lunak. Seperti menekan tombol home beberapa saat untuk membuka Google Now dan menekan ganda tombol home dua kali mengarah ke kamera.

Yang menarik saat ini Samsung menambahkan ‘Smart Manager,’ yang pada dasarnya adalah sebuah alat untuk memeriksa statistik kinerja perangkat. Anda dapat memeriksa status baterai, ruang penyimpanan, memori yang digunakan oleh aplikasi. Dan juga memungkinkan Anda untuk menutup aplikasi di latar belakang, menghapus file yang tidak terpakai dan menjalankan pemeriksaan antivirus.

Hardware

Guna memuaskan para penggunanya di kelas menengah bawah, Harga Samsung Galaxy J5 ini di buat lebih terjangkau dari pada ponsel Samsung lainnya yang kebanyakan di bandrol di atas 2,8 juta rupiah. Adapula dari harganya yang cukup murah ini Samsung sudah memberikan dukungan dapur pacu yang cukup berkualitas yakni dengan memberinya Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang di padukan dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53.

Kombinasi RAM 1.5GB layak untuk kinerja tingkat menengah. Anda dapat dengan multitasking dengan kemampuan untuk menjalankan semua aplikasi di Play Store. Kami tidak mengalami masalah besar dengan kinerja smartphone dalam penggunaan sehari-hari. Ketika kami coba bechmark menggunakan Antutu memiliki skor 19000.

Next page………

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI