Ternyata Begini Cara Astronot Sholat di Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Astronot harus mengubah sedikit cara berperilakunya ketika berada di luar angkasa. Mulai dari makan, minum, istirahat hingga ibadah seperti sholat. Ternyata ada cara khusus yang harus dilakukan ketika Astronot sholat di luar angkasa. Seperti apa?

Hazza Al Mansoori, astronot asal Uni Emirat Arab ikut dalam penerbangan ke luar angkasa pada September 2019 dengan menggunakan pesawat Soyuz MS-15/12.

Sejak September hingga Oktober 2019, Hazza mengorbit bersama astronot lain di International Space Station (ISS).

{Baca juga: Astronot NASA Ceritakan Perjalanan ke ISS dengan SpaceX}

Bersama ISS, Hazza mengorbit Bumi dengan kecepatan tinggi, sehingga hanya membutuhkan waktu 90 menit sekali putaran orbit. Dia bahkan bisa menyaksikan 16 kali matahari terbit dan 16 kali matahari tenggelam setiap hari.

Perbedaan kecepatan dan waktu antara bumi dan saat berada luar angkasa membuat banyak masyarakat bertanya-tanya, mengenai cara astronot sholat di luar angkasa?

Bayangkan saja, mereka dalam sehari bisa menyaksikan belasan kali matahari tenggelam dan terbit serta mampu mengorbit dengan cepat. Untuk tahu jawabannya, Hazza pun memberikan tips bagaimana menjalankan ibadah sholat di luar angkasa.

Dilansir Telset.id dari MSN pada Jumat (05/06/2020), Hazza mengaku jika sebelum berangkat, dirinya berkonsultasi dengan para ulama di Uni Emirat Arab.

Astronot Sholat

Para ulama yang tergabung dalam Islamic Affairs and Charitable Activities Department in Dubai (IACAD) memberikan buku panduan ibadah sholat di luar angkasa. Pada buku panduan tersebut dijelaskan beberapa tips menjalani ibadah sholat di luar angkasa yakni:

{Baca juga: Dua Astronot NASA dengan Roket SpaceX Telah Berlabuh di ISS}

  1. Menghadap Bumi jika memungkinkan. Hazza harus menghadap ke Bumi ketika sholat 5 waktu selama bertugas di luar angkasa.
  2. Waktu sholat mengikuti waktu Mekkah, Arab Saudi. Alasannya, karena Mekkah adalah tempat pertama kali Islam diturunkan Allah SWT, dan di Mekkah terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat sholat bagi muslim di seluruh dunia.
  3. Walaupun di luar angkasa, seorang astronot muslim wajib menjalankan ibadah sholat, puasa dan wajib lainnya sama seperti masyarakat muslim di Bumi.

Nah, sekarang sudah tahu kan, bagaimana para astronot sholat pada saat mereka sedang berada di luar angkasa. Harusnya bagi Anda yang di Bumi jangan sampai meninggalkan sholat, meski sedang berada di manapun. [NM/HBS]

SourceMSN

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -