Sering ‘Nge-tweet’, Jokowi Jadi Pemimpin Dunia Paling Efektif

Telset.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo tercatat menjadi salah satu pemimpin dunia yang paling efektif di ranah Twitter. Dengan akun @Jokowi, Presiden ke-7 Indonesia ini memiliki pengikut sebanyak 5,08 juta (per 1 Juni 2016) dan rata-rata 1.224 retweet.

Twiplomacy, survey global tahunan dari firma komunikasi internasional Burson-Marsteller baru saja merilis hasil kajian mengenai para pemimpin dunia di media sosial. Dan Presiden Jokowi menjadi salah satu pemimpin dunia yang paling efektif menggunakan Twitter.

Presiden Jokowi, @Jokowi, dinilai sebagai salah satu pemimpin dunia paling efektif di ranah Twitter dengan pengikut sebanyak 5,08 juta, dan rata-rata ada sekitar 1.224 retweet.

Presiden Jokowi juga merupakan salah satu politisi yang sempat menonaktifkan kegiatannya di Twitter untuk kemudian diaktifkan kembali menjelang masa kampanye Pemilu. Sejak resmi menjabat sebagai Presiden RI.

Jokowi menggunakan akun Twitter-nya sebagai media utama untuk berbagi informasi kinerja pemerintah dalam bidang pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik dan budaya.

Pada Agustus 2015, dia menjadi presiden pertama di kawasan Asia-Pasifik yang mengadakan sesi Periscope (melalui akun@presidenjokowidodo) ketika penyelenggaraan #KarnavalKhatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat. Jokowi juga menggunakan Twitter untuk mengecam aksi terorisme di Jakarta pada Januari 2016.

“Studi Twiplomacy kami menunjukkan bagaimana mereka yang memegang tampuk kekuasaan semakin banyak menggunakan media sosial untuk terhubung dengan kelompok massa yang penting bagi mereka,” jelas Don Baer, Worldwide Chair and CEO, Burson-Marsteller, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Selasa (2/6/2016).

Selain Jokowi, pemimpin dunia lain cukup sukses menggunakan media sosial adalah Presiden AS, Barack Obama, Presiden Argentina, Mauricio Macri, dan Perdana Menteri Kanada, dan Justin Trudeau.[HBS]

10 pemimpin dunia di socmed

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -