Ini Dia Pemimpin Dunia Paling “Eksis” di Media Sosial

Telset.id, Jakarta  Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Twitter telah menjadi medium utama untuk diplomasi dunia maya oleh para pemimpin dan lembaga pemerintahan dunia.

Twiplomacy, survey global tahunan dari firma komunikasi internasional Burson-Marsteller mengungkapkan, bahwa Twitter merupakan jejaring sosial utama yang digunakan oleh pemerintah dari 173 negara, yang totalnya mewakili 90% negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Meski begitu, para pemimpin dunia memiliki pengikut rata-rata dua kali lebih banyak di Facebook daripada di Twitter. Facebook juga menjadi jejaring sosial kedua yang paling banyak dipakai oleh para pemimpin dunia dengan 169 lembaga pemerintahan yang tercatat memiliki laman resmi.

Posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh YouTube dan Instagram, yang digunakan oleh 78% dan 70% anggota PBB.

Bila komunikasi di Twitter lebih didominasi oleh teks beserta gambar, Instagram lebih digerakkan oleh gambar yang minim teks dan lebih mengarah ke situasi di belakang layar.

Pemerintah yang memiliki tim media sosial yang lebih besar juga telah menjajaki bentuk komunikasi visual melalui Vine dan Snapchat, yang keduanya menargetkan kalangan Milenial dengan kelompok usia lebih muda.

Pemerintah-pemerintah yang tidak memiliki kapabilitas penyiaran lengkap, biasanya dijumpai di kawasan Amerika Latin, menggunakan Periscope dan Facebook Live untuk menyiarkan konferensi pers mereka.

“Studi Twiplomacy kami menunjukkan bagaimana mereka yang memegang tampuk kekuasaan semakin banyak menggunakan media sosial untuk terhubung dengan kelompok massa yang penting bagi mereka,” jelas Don Baer, Worldwide Chair and CEO, Burson-Marsteller, dalam keterangan pers, Kamis (2/6/2016).

Para pemimpin dunia yang cukup sukses menggunakan media sosial adalah Presiden AS, Barack Obama, Presiden Argentina, Mauricio Macri, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dan juga termasuk Presiden Indonesia, Joko Widodo.

[Baca juga: Sering ‘Nge-tweet’, Jokowi Jadi Pemimpin Dunia Paling Efektif]

Dengan akun Twitter @Jokowi, Presiden ke-7 Indonesia ini dinilai sebagai salah satu pemimpin dunia paling efektif di ranah Twitter dengan pengikut sebanyak 5,08 juta (tercatat pada 1 Juni 2016) dan rata-rata 1.224 retweet.

Jokowi menggunakan akun Twitter-nya sebagai media utama untuk berbagi informasi kinerja pemerintah dalam bidang pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik dan budaya. Jokowi juga menggunakan Twitter untuk mengecam aksi terorisme di Jakarta pada Januari 2016.

Nah, berikut ini 10 pemimpin dunia yang dinilai “paling eksis” di media sosial:

10 pemimpin dunia di socmed

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -