telset

Amankan Akun LinkedIn dengan Cara ini

Telset.id – Pada 18 Mei lalu, situs profesional di bidang networking menyatakan bahwa lebih dari 100 juta email dan password dari pengguna sudah berhasil diretas selama 2012. Data tersebut baru saja diposting secara online. Pada tahun yang sama pula peretas mencuri dan menyebarkan lebih dari 6.5 juta password yang terenkripsi.

Pada Rabu lalu, LinkedIn telah mengirim email kepada semua penggunanya yang berisi apa yang seharusnya pengguna lakukan untuk mengamankan akunnya. Perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa email anggota, password, dan ID dari setiap pengguna dari tahun 2012 telah disusupi. Maka sebagai respon dari kasus tersebut, LinkedIn telah menghapus semua password dari semua akun yang dibuat sebelum tahun 2012 dimana password belum direset sejak tahun itu.

Pengguna LinkedIn dapat mengambil langkah untuk mengamankan akun mereka dengan membuat password yang sangat kuat dan menerapkan two-factor authentication yang memberikan tingkat perlindungan ekstra bagi akunnya. Berikut cara untuk melakukan keduanya berdasarkan saran dari LinkedIn:

Ubah Password

  1. Log in ke akun LinkedIn (jika Anda lupa passwordnya, klik tombol ? tepat di sebelah kolom pengisian password, dan LinkedIn akan mengirimkan Anda link untuk mengubah password tersebut).
  2. Setelah Anda masuk ke situs, masuk ke opsi Account & Settings dengan cara menggerakkan mouse ke foto profil Anda. Pada menu tersebut, klik Privacy & Settings.
  3. Halaman akun Anda akan muncul. Klik opsi Change password. Masukkan password Anda yang sekarang pada kolom pertama, kemudian masukkan password baru di kolom kedua dan ketiga.
  4. Cobalah untuk memasukkan password yang sangat kuat.
  5. Klik tombol Save.

Two-step Verification

  1. Dari halaman LinkedIn Anda, gerakkan mouse ke foto profil dan akan muncul menu Account & Settings, kemudian klik Privacy & Settigns.
  2. Pada halaman akun, klik Privacy category. Scroll ke bawah untuk menemukan bagian Security dan klik opsi Two-step verification.
  3. Masukkan nomor ponsel Anda. Masukkan password. Kemudian masukkan kode verifikasi yang Anda terima di ponsel Anda dan klik Verify.
  4. Kembali ke bagian Privacy, scroll ke bawah sampai menemukan bagian Security dan klik Two-step verification. Klik link yang muncul untuk mengaktifkannya. Masukkan kembali password Anda, dan masukan kode verifikasi yang telah diterima dan klik Verify.
  5. Setiap kali Anda akan masuk ke LinkedIn, situs akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel untuk Anda isikan kode tersebut pada halaman Two-step verification.

Memang untuk aman, kita sedikit tidak nyaman karena banyaknya langkah yang harus dilalui. Tapi demi keamanan kenapa tidak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0