Seram, Ada ‘Bug’ di Sistem Siri Untuk Matikan Data Seluler

Pengisi Suara dari Siri

Telset.id, Jakarta – Bukan rahasia lagi jika Apple memiliki sistem operasi mobile yang paling aman jika dibandingkan pesaingnya. Begitu pula dengan Siri, asisten pribadi digital yang dimiliki oleh Apple yang memiliki keamanan yang cukup tinggi.

Namun ternyata, seorang pengguna Reddit – sebuah forum internet terkemuka di Amerika — menemukan sebuah ‘bug’ dimana dia dapat menggunakan Siri untuk mematikan data seluler iPhone, bahkan saat ponsel dalam keadaan terkunci.

Dikutip dari laman PhoneArena, bug ini terdapat pada iPhone dengan sistem operasi iOS 9 hingga iOS 10.3.3 beta. Para pengguna memang tidak dapat menonaktifkanya dengan perintah biasa.

Melainkan jika mereka menanyakan pertanyaan terkait pengaturan data seluler atau status jaringan, bug akan mengambil alih dan menampilkan toggle yang memungkinkan pengguna atau orang lain untuk menonaktifkan data selular atau sebaliknya.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya celah keamanan Siri terhadap kode saat ponsel terkunci. Bahkan bug ini juga dapat menampilkan informasi pribadi pemilik perangkat.

Hingga saat ini, pihak Apple masih belum mau memberikan penjelasan. Mungkin dalam waktu dekat ini, Apple bisa menemukan sumber masalah dari bug ini dan meluncurkan patch untuk menutup lubang keamanan tersebut. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here