NASA Siapkan Proyek Untuk Jelajah Atmosfer Matahari

Permukaan matahari

Telset.id, Jakarta – NASA kembali akan melakukan perjalanan luar angkasa untuk menguak rahasia alam semesta. Namun kali ini, mereka tidak akan melakukan penjelajahan ke planet lain, melainkan mereka akan ‘mengunjungi’ matahari.

Mereka memang tidak akan mencoba utuk mendarat di matahari. Namun misi yang diberi nama Solar Probe Plus atau SPP hanya akan mengitari sekitar atmosfer matahari.

NASA sendiri dikabarkan membuat pesawat luar angkasa ini untuk terbang dalam jarak empat juta mil dari matahari. Jika dibandingkan dengan pesawat sebelumnya, jarak ini lebih dekat hampir tujuh kali.

“Solar Probe Plus akan masuk hingga 4 juta mil dari permukaan matahari. Pesawat itu akan menghadapi panas dan radiasi yang tidak pernah dialami pesawat antariksa sebelumnya,” ujar pihak NASA seperti dikutip dari laman TechTimes .

Tujuan utama dari misi ini sendiri adalah untuk meneliti cuaca luar angkasa dan bagaimana bintang-bintang bekerja. Hal ini dilakukan untuk menganalisis aktifitas yang dapat membahayakan bumi.

“Misi ini akan memberikan kita wawasan tentang matahari dan bintang lainnya. Data ini bisa menjadi kunci untuk memahami, dan mungkin, meramalkan cuaca luar angkasa,” terang mereka.

Pesawat ini sendiri akan menggunakan perisai berupa komposit karbon setebal 4,5 inci. Lapisan ini akan melindungi seluruh komponen pesawat, bahkan dalam keadaan tercepat pesawat tersebut yang mencapai 450 ribu mil per jam dan panasnya radiasi matahari. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here