Sepertiga Pengguna iPhone Pakai Layar 4 Inci

JAKARTA, TELSET.id – Data terkini dari lembaga riset Mixpanel menunjukkan bahwa sekitar 32,22% pengguna aktif iPhone masih menggunakan iPhone dengan model layar 4 inchi.

Apple sebenarnya terbilang sukses saat merilis iPhone dengan layar besar. Raksasa dari Cupertino ini mulai mengadopsi iPhone berukuran jombo saat merilis iPhone 6 dan 6 Plus, yang memiliki ukuran layar 4,7 inci dan 5,5 inci.

Meski terbilang sukses sukses di pasaran, namun menurut rumor yang beredar, Apple akan mengembalikan kejayaan iPhone layar 4 inci melalui produk iPhone 5se pada 15 Maret mendatang.

Dikutip dari Mac Rumors, Apple merilis iPhone layar 4 inchi sejak 2013, termasuk iPhone 5 dan iPhone 5c serta iPhone 5s. Layar 4 inci disebut layar terbaik yang enak dipakai dengan satu tangan dan bisa masuk kantung dengan mudah.

Saat ini pengguna iPhone berukuran 4 inci memang kian menyusut. Namun jika dilihat dari pangsa pasar penggua iPhone, ternyata iPhone berukuran 4 inci masih banyak peminatnya.

Dari data yang dirilis Mixpanel, pengguna iPhone 5s yang memiliki ukuran 4 inci masih memiliki pengguna sebanyak 19,1%. Dibawahnya pengguna iPhone 5 sebanyak 7,53% dan iPhone 5c yang memiliki bodi plastik sebanya 5.66%.

Sepertiga Pengguna iPhone Pakai Layar 4 InciDalam keterangan kinerja perusahaan yang dirilis beberapa waktu lalu, CEO Apple Tim Cook mengatakan 60% pengguna iPhone gerenasi awal belum upgrade ke iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, atau iPhone 6s Plus.

Para pengguna yang masih bertahan menggunakan iPhone berukuran 4 inci ini harus puas dengan spesifikasi “teknologi usang”, kurang tidak mendapatkan update fitur baru seperti Apple Pay, 3D Touch dan Live Photos.

Untuk alasan itulah, iPhone 5se dibuat bagi para penggemar iPhone 4 inci dengan fitur-fitur terbaru. Dari rumor yang beredar sebelumnya, iPhone 5se akan hadir dengan layar 4 inci, chip A9, dan Live Photos.

Dengan harga yang katanya “lebih murah” yakni USD 500 (sekitar Rp 6,7 juta), iPhone 5se diharapkan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para iPhone fanboy yang menyukai iPhone berukuran layar 4 inci.

Namun memang masih butuh waktu dan pembuktian, kalau iPhone 5se bakal menjadi produk sukses. Well, apakah Apple akan mengulang kesalahan saat gagal merilis iPhone 5c, atau kali ini Apple justru akan mendulang sukses besar. Kita lihat saja nanti. [VP/HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI