Sensor Gerak iPhone 5S Tidak Akurat

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Smartphone andalan terbary Applei, Phone 5S dibekali prosesor Apple M7 yang secara khusus menangai kinerja pemrosesan data dari berbagai macam sensor, baik itu gyroscope, accelerometer dan magnetometer.

Namun kecanggihan salah satu fitur andalan iPhone 5S ini dikeluhkan oleh para pengguna karena dianggap bermasalah karena sensor gerak dan arah pada perangkat tersebut tidak berfungsi sebagai mestinya, terutama sensor gyroscope.

Situs Gizmodo melaporkan, Senin (7/10), dari hasil pengukuran yang telah mereka lakukan dengan memakai alat spirit level, terlihat bahwa sensor orientasi iPhone 5S tidak akurat. Sensor Gyroscope yang ada di iPhone 5S melenceng sejauh 3 derajat.

Gizmodo juga membandingkan dengan iPhone 5, hasilnya justru tidak mengalami masalah karena bisa mencatat sudut kemiringan dengan benar.

Masalah inipun telah mendapat perhatian sejumlah pengguna di forum online, dimana mereka melaporkan adanya variasi kekeliruan pada sensor iPhone 5S. Bahkan ada beberapa kasus yang dilaporkan meleset 4 hingga 6 derajat.

Gangguan pada sensor Gyroscope ini akan terasa bagi para pengguna saat menjalankan aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan sensor gerak, seperti misalnya aplikasi game.

Dalam beberapa kasus yang dilaporkan, saat bermain game balap mobil seperti game ‘Real Racing 3’, kemudi mobil cenderung berbelok ke arah kiri, meski ponsel tidak dimiringkan ke arah tersebut.

Banyak pengguna yang khawatir masalah ini bukan hanya disebabkan oleh kesalahan software, tetapi disebabkan kesalahan di hardware. Jika hal ini terjadi, itu artinya iPhone 5S sudah cacat produksi yang tidak bisa diperbaiki dengan update software.[HBS]

iphone 5s sensor error

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI