Memanfaatkan Teknologi untuk Belajar di Sekolah Tapi Dari Rumah

sekolah kelas pintar
High angle view of video conference with teacher on laptop at home. College student learning maths while watching online webinar, listening audio course. Top view of girl in video call with personal tutor on computer, distance and e-learning education concept.

Telset.id, Jakarta – Kebutuhan akan adanya sebuah platform yang memungkinkan guru dan siswa tetap berinteraksi secara real-time seperti di sekolah. Kebutuhan itu dijawab oleh Kelas Pintar lewat fitur bernama SEKOLAH.

Pandemi Virus Corona tak dimungkiri telah memaksa hampir semua orang di berbagai belahan dunia untuk beradaptasi dengan beragam kebiasaan baru.

Mulai dari menjaga jarak sosial, menggunakan masker saat keluar rumah, WFH, hingga belajar dari rumah.

Dalam hal ini secara online, dimana guru berada di sekolah, sementara siswa tetap di rumah. Apa mungkin?

Dengan memanfaatkan teknologi, sebenarnya mungkin-mungkin saja. Yang menjadi tantangannya sekarang, bagaimana membuat suasana belajar di rumah itu tetap seperti di sekolah.

Sehingga bukan saja Pendidikan berkualitas yang bisa didapatkan para siswa, guru juga terhindar dari istilah ‘kerepotan’.

Sekedar informasi, saat ini yang terjadi adalah para guru menggunakan beragam platform untuk memberikan materi pada siswa.

Termasuk memberikan tugas dan menerima hasil pengerjaan tugas dan sebagainya. Hal ini tentu akan merepotkan, bukan saja bagi guru, tetapi juga para siswa.

{Baca juga: Kelas Pintar Dukung Sistem Belajar Online Saat “New Normal”}

“Belum lagi adanya potensi kualitas pendidikan pada siswa yang turun akibat nilai ketuntasan dari mata pelajaran tidak bisa dilakukan. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia,” ungkap Fernando Uffie, pengamat dunia pendidikan dan Pendiri Kelas Pintar kepada Telset.id.

Berkaca pada segala kerumitan itu, tidak berlebihan jika harapan akan adanya solusi yang bisa memudahkan semua itu bermunculan. Dan ibarat toko serba ada, alangkah baiknya jika itu bisa didapatkan dalam satu ‘ruangan’.

Guru bisa lebih fokus dan tugasnya lebih ringan, siswa juga lebih semangat (belajar) karena tidak perlu direpotkan oleh banyak platform. Tentu saja, disamping memastikan tetap terjaganya interaksi antara guru dan siswa.

“Harapannya, dengan menggunakan satu platform saja, kondisi belajar di rumah tapi serasa di sekolah itu akan tercipta. Karena hanya dengan cara ini kualitas pendidikan bisa terjaga”, tambah Uffie.

Kebutuhan akan adanya sebuah platform yang memungkinkan guru dan siswa tetap berinteraksi secara real-time dimana guru mengajar dari sekolah dan siswa belajar dari rumah, dijawab oleh Kelas Pintar lewat sebuah fitur bernama SEKOLAH.

Seperti namanya, SEKOLAH akan membuat guru dan siswa bisa menjalankan proses belajar mengajar layaknya di ruang kelas (KELAS).

Dimana tatap muka tetap ada, meski secara virtual. Lewat fitur ini juga, baik guru maupun siswa akan dimudahkan oleh opsi untuk merekam materi pembelajaran.

Dengan begitu, para siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi juga dapat langsung bertanya pada guru. Pun demikian sebagian, guru bisa bertanya pada siswa untuk memastikan pelajaran telah tersampaikan dengan baik.

Guru juga dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau berbagi layar (share screen) pada siswa.

Ini memungkinkan guru dapat lebih optimal dalam menunaikan tugasnya, sementara siswa bisa lebih mudah dalam menerima materi yang diajarkan.

{Baca juga: Pandemi Covid-19, Trafik Kelas Pintar Melonjak 500%}

Hal yang tak jauh berbeda berlaku ketika guru ingin memberikan Pekerjaan Rumah atau project, menu PR dan menu PROJECT hadir untuk membantu baik guru maupun siswa.

Keduanya dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu mengirimkannya dalam bentuk email atau bahkan meminta bantuan platform lain.

Selain kedua menu di atas, fitur SEKOLAH dari Kelas Pintar juga membawa serta menu pintar lainnya, termasuk TUGAS, yang memungkinkan guru dapat memberikan tugas atau assessment secara online dengan soal yang dibuat sendiri.

UJIAN memungkinkan guru bisa dengan mudah membuat ujian online yang nantinya dapat langsung dikerjakan oleh siswa.

Terakhir, ada menu MONITORING yang bertindak dalam membantu guru atau tenaga pengajar dalam memantau dan mengawasi siswa saat ujian online. [HR]

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here