Kecepatan Internet di Indonesia Naik 42%, Ungguli Filipina dan Vietnam

Akamai

Jakarta – Sebuah badan penyedia jasa akses internet dan penyimpanan server, Akamai, telah mengeluarkan laporan baru yang menyatakan bahwa rata-rata kecepatan internet di Indonesia mencapai 2.4Mbps. Angka tersebut tumbuh dari rata-rata 1,6 Mbps pada quartal 4 tahun lalu, sekaligus mengerek posisi Indonesia dari peringkat 118 ke peringkat 93 dalam list negara dengan akses internet tercepat di dunia.

Dilansir dari laman TheNextWeb, Jumat (04/07), rata-rata kecepatan akses internet secara global terus meningkat, tumbuh 1,8% perkuartalnya dan 24% dari tahun ke tahun, yang tercatat memiliki akses kecepatan rata-rata mecapai 3.9Mbps.

Dalam laporan juga terlihat, bahwa Indonesia telah mengalami peningkatan kedudukan yang awalnya masuk dalam urutan ke 118, kini meningkat menjadi masuk dalam urutan 93. Dari daftar tersebut, tampak bahwa akses internet di Indonesia lebih cepat dari Philipina dan Vietnam, tapi masih jauh tertinggal dari Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Sedangkan, beberapa negara lain yang mengalami peningkatan cukup tinggi adalah Korea Selatan yang rata-rata kecepatan internetnya mencapai 23.6Mbps, atau meningkat hingga 145% dari tahun lalu. Sedangkan posisi kedua, diduduki oleh Jepang yang mencapai pertumbuhan 29% pertahun, dimana rata-rata akses kecepatannya mecapai 14.6Mbps. (wnh/hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here