Sebentar Lagi, Kirim Barang di Malaysia Pakai “Kurir Drone”

Kurir drone

Telset.id, Jakarta – Berawal dari sebuah peralatan militer, kemudian ke videografi hingga menjadi alat untuk menyelamatkan korban yang terjebak di medan yang sulit terjangkau, kini drone juga dapat berfungsi di berbagai industri. Malaysia misalnya, mengembangkan kurir drone untuk mengantarkan barang langsung ke pelanggan.

Negara tetangga Indonesia itu telah menyadari banyaknya manfaat dari drone, hingga mereka akhirnya menyatakan minatnya untuk menggunakan drone untuk pengiriman barang.

Nantinya, barang belanjaan akan diantarkan langsung ke depan pintu rumah di hari yang sama oleh kurir drone. Menurut Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Gobind Singh Deo, drone akan diadopsi dan digunakan dalam industri pos dan kurir dalam waktu lima tahun ke depan.

{Baca juga: Startup Malaysia Bikin ‘Browser Syariah’, Namanya SalamWeb}

“Malaysia tidak ingin ketinggalan dalam arus modernisasi, dan Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad juga mengatakan bahwa negara kita harus melihat teknologi baru seperti drone dan kecerdasan buatan,” katanya, seperti dikutip dari World of Buzz, Senin (11/03/2019).

IA memberi contoh ketika drone digunakan untuk mengirim pasokan medis ke daerah pedesaan selama keadaan darurat, dan mengirim pupuk untuk pertanian. Ia juga menyatakan bahwa kementerian akan terus mendukung Pos Malaysia dan MCMC untuk meningkatkan industri pos agar setara dengan negara-negara maju lainnya.

{Baca juga: Dijuluki Manusia Kalkulator, Ada Apa dengan Bocah 15 Tahun Ini?}

“Kami akan terus meningkatkan keamanan dalam penggunaan pesawat tanpa awak dalam layanan pos, dan menjadikannya prioritas. Tetapi mungkin ada saat-saat ketika kecelakaan terjadi, karena masalah teknis. Ini sejalan dengan peraturan yang ada sebagaimana ditetapkan oleh industri penerbangan,” imbuhnya. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here