Xiaomi Pamer Robot Humanoid Pertama, Bisa Deteksi Emosi Manusia!

Telset.id, Jakarta – Xiaomi sepertinya tidak puas hanya dengan mengembangkan produk smartphone, smart TV atau produk IoT saja. Baru-baru ini perusahaan asal China itu memamerkan robot humanoid pertama yang dibuat dengan kemampuan canggih.

Dilansir Telset dari Gizmochina pada Minggu (14/8/2022), tahun lalu Xiaomi sukses meluncurkan robot berbentuk hewan dengan nama Cyberdog. Namun di tahun ini perusahaan meluncurkan robot humanoid dengan nama CyberOne.

Kehadiran CyberOne bersamaan dengan peluncuran Xiaomi Mix Fold 2 dan beberapa produk lainnya. Jadi masuknya CyberOne ke atas panggung membuat publik sempat terkejut karena ukurannya yang mirip seperti manusia.

CyberOne adalah robot bionik humanoid skala penuh yang tingginya 177 cm dan beratnya 52 kg. Wajah robot ini terbuat dari panel OLED melengkung dan mampu melihat sekitar dalam format 3D, serta mendengar dengan baik berkat 2 mikrofon yang disematkan di badannya.

BACA JUGA:

CyberOne dilengkapi dengan teknologi algoritma yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. Algoritma tersebut diklaim mampu mengoordinasikan pergerakan 21 sendi yang ada di tubuh robot.

Xiaomi Robot Humanoid CyberOne

Selain itu robot ini juga memiliki kemampuan canggih, yaitu mendeteksi emosi manusia. Total robot humanoid Xiaomi itu dapat menafsirkan 45 emosi semantik manusia dan membedakan 85 semantik lingkungan. Robot tersebut juga diklaim bisa mempelajari keterampilan baru setiap harinya.

Robot humanoid CyberOne menurut Xiaomi, menggabungkan mekatronika canggih dan teknologi AI yang dibuat oleh Robot Labs Xiaomi.

Perusahaan mengklaim bahwa sumber daya dan tenaga kerja yang banyak dan kompeten digunakan untuk membangun CyberOne.

CyberOne hanyalah produk generasi pertama dan sebagian besar aspeknya masih dalam tahap pengembangan. Selain itu kemampuan robot ini masih jauh, apabila dibandingkan dengan robot Boston Dynamics, tetapi mampu bersaing dengan robot prototipe humanoid Tesla.

BACA JUGA:

Terkait harga, Robot CyberOne Xiaomi nilainya sekitar 600.000 hingga 700.000 yuan atau Rp1,3 miliar sampai Rp1,5 miliar. Namun, produk ini belum dijual resmi dan tidak diketahui kapan akan dikomersialisasikan. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0